Kobaran Api Menghanguskan 430 Los di Pasar Manonjaya

Kobaran Api Menghanguskan 430 Los di Pasar Manonjaya

Sedikitnya 430 los di Pasar Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya hangus terbakar. (foto - @setia_drm)

Tasikmalaya - Sejauh ini pihak kepolisian belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran yang menghanguskan ratusan los Pasar Manonjaya, di Desa Manonjaya Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Dugaan sementara, kebakaran itu akibat korsleting listrik dari salah satu jongko pasar.

Menurut Kepala Kepolisian Resor Kota Tasikmalaya Arif Fajarudin, polisi dan pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api. Hingga pukul 23.00 WIB lebih api masih berkobar, namun intensitasnya semakin kecil.

"Penyebabnya belum bisa disimpulkan. Namun kita sudah berkoordinasi dengan Damkar Kota Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota, serta mobil water canon kami. Kita akan selidiki lebih lanjut apakah ini kebakaran karena kesengajaan atau korsleting listrik," tegas Arif. 

Penyelidikan terkait kebakaran pun akan dilakukan, Rabu 15 Maret 2017. Polresta Tasikmalaya akan berkoordinasi dengan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri, untuk mengungkap penyebab pasti kebakaran yang menghanguskan 430 los (kios) di Pasar Manonjaya itu.  "Kita akan panggil saksi-saki yang melihat kejadian. Kami juga akan panggil Puslabfor untuk mengidentifikasi kebakaran," katanya. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Heri Sogiri menyatakan, dugaan sementara kebakaran akibat korsleting listrik. Sejauh ini dipastikan tidak ada upaya sabotase meski isunya tahun ini Pasar Manonjaya akan direlokasi. 

Saat kejadian, dipastikan ada petugas pengamanan pasar dan pasar dalam kondisi terkunci.  "Tidak ada itu sabotase. Ini murni musibah. Kebakaran hebat terjadi karena angin besar lalu api merembet, kalau gosip relokasi itu tidak benar," katanya. 

Untuk itu, Disperindag Kabupaten Tasikmalaya segera menggelar musyawarah dengan pengurus paguyuban pasar dan pemilik kios. Kemungkinan besar, Pemkab Tasikmalaya akan membuatkan kios darurat untuk pemilik kios. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,