Evan, Menyulap Sampah Jadi Robot

Evan, Menyulap Sampah Jadi Robot

sampah jadi robot

Bandung – Sampah selalu saja jadi masalah kehidupan di beberapa kota besar, termasuk Kota Bandung. Ibu kota Provinsi Jawa Barat yang sempat dikenal sebagai Parijs van Java ini imagenya memudar gara-gara sampah.

 

Kepedulian masyarakat Bandung kepada fenomena sampah ditunjukan seorang anak muda yang kreatif menyulap sampah bekas menjadi suatu karya bernilai tinggi. Banyaknya sampah yang berserakan di sudut Kota Bandung menjadi inspirasi seorang Evan untuk berkreasi.

 

Berbekal ilmu kerajinan tangan dan kreatifitasnya, Evan mampu mengolah limbah sambah menjadi mainan unik berbentuk robot dari bahan plastic dan kaleng bekas.

 

“Awalnya ide kreatif ini karena peduli melihat permasalahan sampah di Kota Bandung, dengan semangat saya sortir berbagai sampah un organic untuk dijadikan miniatur robot”, papar Evan, Jumat (04/09/2014).

 

Karya yang terbilang unik ini memang sepintas sangat sederhana, bahan yang digunakannya pun dari kemasan makanan, minuman, obat, sampo yang terbuat dari kaleng, plastik atau metal.

 

“Membuat karya seni seperti ini memang tidak sesulit yang dibayangkan, saya hanya memadukan dan merakitnya menjadi suatu bentuk yang unik dan terbilang nyeni. Untuk menyatukannya saya menggunakan dua cara, yaitu dengan lem dan skrup”, ungkapnya.

 

Untuk membuat karya seni dari robot, Evan membutuhkan waktu sekitar satu hari. Paling sulit dan agak lama yaitu ketika dia harus mencari bahan baku untuk membuat robot yang sudah di konsep sebelumnya.

 

Seni merangkai robot ini sudah dipamerkan di berbagai acara pameran di Bandung, Jakarta, dan beberapa kota di Indonesia. Di ajang pameran produk daur ulang, robot sampah ini juga sudah sering dapat penghargaan.

.

Categories:Unik,
Tags:bandung,

terkait

    Tidak ada artikel terkait