Gedung PPAG Unpar Ciumbuleuit Bandung Terbakar

Gedung PPAG Unpar Ciumbuleuit Bandung Terbakar

Gedung Pusat Pembelajaran Arntz Geisse (PPAG) Kampus Universitas Parahyanan (Unpar) Ciumbuleuit Bandung terbakar, Selasa 21 Maret 2017) malam. (foto - @resque_damkar)

Bandung - Gedung Pusat Pembelajaran Arntz Geisse (PPAG) Kampus Universitas Parahyanan (Unpar) Ciumbuleuit di Kelurahan Hegarmanah Kecamatan Cidadap Kota Bandung terbakar, Selasa (23/3/2017) malam sekitar pukul 20.45 WIB. Asap pekat disertai kobaran api muncul dari lantai dua, di salah satu bagian kampus itu.

Kepulan asap pertama kali diduga diketahui muncul pukul 20.45 WIB disertai kobaran api, di salah satu pojok ruangan lantai dua. Ruangan itu diketahui sebagai dapur yang terletak di ruang dosen. Sedikitnya  8 unit mobil pemadam kebakaran, 1 unit pancar dan 1 unit rescue berusaha untuk memadamkan api.

Komandan Regu (Danru) DKPB, Sihar Pandapotan Sitinjak menyatakan, petugas mampu menjinakkan api dalam waktu sekitar 30 menit, sejak mereka melakukan proses pemadaman. Dari penyelidikan di lapangan, api muncul berasal dari ruang dapur.

"Ya sepertinya dapur (ruangan yang terbakar), karena banyak piring dan sempat ada tabung gas namun keburu berhasil dikeluarkan," kata Sihar yang mengaku mendapat telepon panggilan sekitar pukul 20.45 WIB. 

Ia mengakui, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Namun dipastikan, tidak ada korban jiwa dan ruangan yang terbakar hanya dapur di lantai dua.

Berdasarkan keterangan salah seorang mahasiswa, ia melihat kepulan asap kurang dari pukul 21.00. "Saya kurang tahu pasti penyebabnya. Lagi di depan terus dengar ada ramai-ramai dan kepulan asap dan api di ruangan tersebut," katanya.

Sementara itu Kabid Pemadam dan Penyelamat Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung, Kurnia Saputra mengatakan, lantai dua Gedung PPAG yang terbakar diketahui baru dibangun dan difungsikan sekitar 3-4 tahun lalu. 

Dugaan sementara pihak pemadam kebakaran, api berasal dari hubungan arus pendek. Petugas pemadam kebakaran sempat mengalami kesulitan saat akan memasuki kawasan Kampus Unpar akibat banyaknya kendaraan mahasiswa yang terparkir. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,