Imigrasi Soetta Amankan 192 WNA Ilegal dalam 3 Bulan

Imigrasi Soetta Amankan 192 WNA Ilegal dalam 3 Bulan

Imigrasi Bandara Soetta Amankan 192 WNA Ilegal dalam 3 Bulan. (foto - ist)

Jakarta - Dalam tiga bulan terakhir ini, petugas Kantor Imigrasi Kelas I khusus Soekarno-Hatta Tangerang Banten mengamankan ratusan warga negara asing (WNA) dari berbagai negara. Mereka hendak masuk ke Indonesia secara ilegal, atau dicurigai akan melakukan tindak kriminal.

Pihak Imigrasi pun akan mendeportasi mereka. Sebanyak 10 WNA di antaranya terpaksa menjalani proses hukum karena kedapatan menggunakan paspor India palsu. Kepala Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Kaharuddin mengatakan, selama kurun waktu Januari hingga Maret 2017, sebanyak 192 WNA ilegal telah diamankan. 

Meski memenuhi kelengkapan dokumen keimigrasian, tak jarang dari mereka tidak dapat menjelaskan tujuan kedatangannya ke Indonesia. "Terlebih mereka tidak membawa bekal uang yang cukup sebagai bekal hidup, sehingga ditolak masuk dan dilakukan deportasi," katanya.

Sebagian besar WNA dengan kasus tersebut berasal dari Cina, Nepal, Australia serta Bangladesh. "Kami juga tengah mendalami kasus sepuluh WNA asal Maroko, Afganistan dan Palestina. Sebab masuk ke Indonesia menggunakan paspor palsu atau dipalsukan negara tertentu," tegasnya.

Menurutnya, sebagai bentuk pencegahan petugas Imigrasi juga akan lebih meningkatkan pengawasan khususnya terhadap masuknya WNA, terutama dari 164 negara yang mendapatkan program bebas visa dari pemerintah. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,