Mencekam, Teror Penembakan di Gedung Parlemen Inggris

Mencekam, Teror Penembakan di Gedung Parlemen Inggris

Kepolisian London berjaga-jaga di luar gedung Parlemen Inggris dan menutup area Westminster. (foto - Sunday Post)

London - Pemerintah Inggris menyatakan status darurat keamanan di kompleks gedung parlemen Inggris dan sekitarnya. Bahkan, Kepolisian Britania Raya menutup area Westminster, menyusul teror penembakan yang terjadi pada pukul 14.40 waktu setempat.

Sebagaimana dikutip dari BBC, Rabu (22/3/2017) Ketua Majelis Rendah Parlemen Inggris, David Lidington mengatakan, "Sepertinya ada polisi yang ditikam kemudian terduga pelaku ditembak oleh polisi bersenjata," katanya.  Staf parlemen diperintahkan untuk tetap tinggal di dalam gedung, yang kini dijaga ketat.

Sebelumnya, Perdana Menteri Theresa May terlihat cepat-cepat dievakuasi ke mobil Jaguar berwarna perak saat bunyi diduga letusan senjata terdengar. Sumber di kantor perdana menteri Downing Street menyatakan, PM Theresa May dalam kondisi 'oke'.

Apa yang sebenarnya terjadi di gedung parlemen Inggris tersebut, memang belum jelas. Berdasarkan keterangan polisi, seseorang telah ditembak, seangkan sejumlah anggota parlemen mengaku mendengar dua sampai tiga letusan senjata.

Sementara Tom Peck, editor politik Independent, dalam Twitternya mengatakan, "Terdengar suara ledakan keras, huru-hara, lalu letusan senjata. Polisi bersenjata ada di mana-mana." Badan Transportasi London mengatakan, stasiun bawah tanah Westminster ditutup atas permintaan polisi.

Ambulans udara juga telah dikerahkan ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi para korban. Diduga ada dua insiden yang terjadi secara bersamaan.  Pihak Scotland Yard mengatakan, mereka dipanggil ke Westminster Bridge, menyusul laporan insiden tembakan. Sejumlah orang dilaporkan cedera di sana.

Seorang saksi mata, Radoslaw Sikorski dari Centre for European Studies harvard memosting video lewat Twitter menunjukkan, sejumlah orang tergeletak dalam kondisi luka di jalanan Westminster Bridge. "Sebuah mobil di Westminster Bridge baru saja menabrak setidaknya lima orang," sebutnya. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,