Pembunuh Kim Jong-nam Anak Mantan Dubes Korut di Vietnam

Pembunuh Kim Jong-nam Anak Mantan Dubes Korut di Vietnam

Tersangka pembunuh Kim Jong-nam adalah anak mantan Duta Besar Korut di Vietnam. (foto - ist)

Kuala Lumpur - Seorang warga negara Korea Utara diduga salah seorang pembunuh Kim Jong-nam, merupakan anak mantan utusan khusus Korut di Vietnam. Ia diduga yang mengajak perempuan Vietnam untuk ikut ambil bagian, dalam pembunuhan kakak tiri Kim Jong-un itu.

Dikutip dari kantor berita Yonhap dari seorang sumber anonim yang dilansir the Star, Rabu (22/3/2017) Ri Ji Hyon (33), adalah anak mantan Duta Besar Korut untuk Hanoi, Ri Hong. Ia pernah tinggal di Vietnam setidaknya selama 10 tahun.

Ji Hyon bekerja sebagai diplomat muda untuk Kedutaan Besar Korea Utara selama hampir setahun. Dari sumber itu juga disebutkan, Ji Hyon bekerja sebagai seorang penerjemah. Pria 33 tahun itu juga lancar berbahasa Vietnam.

Ia membujuk Doan Thi Huong untuk masuk jebakan membunuh Jong-nam. Doan yang tertangkap kamera saat mengusap wajah kakak tiri Kim Jong-un itu. Ji Hyon saat ini masih buron bersama empat orang lainnya.

Mereka disebut meninggalkan Malaysia di hari yang sama dengan kematian Jong-nam. Polisi Malaysia sendiri telah menyelidiki dua warga Korut lainnya. Seorang dari mereka adalah pegawai maskapai penerbangan Korut, sementara yang lainnya diplomat senior berbasis di Kuala Lumpur. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,