Tenggelam pada 2014, Kapal Feri Sewol Berhasil Diangkat

Tenggelam pada 2014, Kapal Feri Sewol Berhasil Diangkat

Pengangkatan bangkai Kapal Feri Sewol setelah tenggelam pada 2014. (foto - Reuters)

Seoul - Otoritas Korea Selatan (Korsel) akhirnya berhasil mengangkat bangkai Kapal Feri Sewol, yang tenggelam tiga tahun lalu. Pengangkatan kapal seberat 6.825 ton tersebut sedikitnya membutuhkan waktu semalaman, dan baru selesai pada keesokan harinya.
 
Kecelakaan kapal Sewol telah menewaskan 304 penumpang. Sedikitnya sembilan orang hilang dan masih belum ditemukan hingga saat ini. Kapal yang tenggelam pada April 2014 itu diangkat oleh dua kapal tongkang dari kedalaman sekitar 40 meter di bawah air.
 
Seperti dikutip dari Yonhap, Jumat (24/3/2017) berdasarkan keterangan Kementerian Kelautan dan Perikanan Korsel, proses pengangkatan kapal sempat mengalami kendala. Baik teknis maupun cuaca, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dari yang ditargetkan.
 
"Proses ini secara keseluruhan akan memakan waktu sekitar delapan hari, untuk mengangkat kapal dan memindahkannya ke pelabuhan. Lalu perlu ada empat hari lagi untuk memindahkannya ke dry dock," katar Juru Bicara Kementerian Kelautan dan Perikanan Korsel.
 
Sebelumnya, Pemerintah Korsel memutuskan untuk menarik bangkai Kapal Feri Sewol, dengan menghabiskan dana sekitar 72 juta dolar AS. Pengangkatan tersebut bertujuan untuk melindungi sisa-sisa peninggalan para korban, yang masih berada di dalam kapal.
 
Kapal Feri Sewol sendiri diketahui tenggelam di lepas pantai Korsel. Hanya 172 dari 476 penumpang dan awak yang berhasil diselamatkan. Kapten Kapal Feri Sewol, Lee Joon-seok didakwa dengan tuduhan pembunuhan dan lalai dalam menjalankan tugasnya sebagai kapten kapal, hingga dijatuhi hukuman 36 tahun penjara. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,