Cara Musisi Jabar Menjaga Kepunahan Budaya Sunda

Cara Musisi Jabar Menjaga Kepunahan Budaya Sunda

Ketua DPD Lembaga Citra Indonesia (LCI) Jabar, Ratu Ike Kartiwa. (foto - dung)

Bandung - Musisi jazz dan juga Ketua DPD Lembaga Citra Indonesia (LCI) Jabar, Ratu Ike Kartiwa memiliki cara tersendiri menjaga gerusan budaya asing yang masuk ke Indonesia, khususnya Bandung Jawa Barat. Ratu Ike Kartiwa  akan menyelenggarakan karya anak bangsa "Peduli Seni Budaya Sunda" dari kepunahan. Minggu 26 Maret 2017.

Emenurut Ike Kartiwa, vent itu selain dimeriahkan musisi Sam Bimbo juga menampilkan penari dan pemain suling kecapi dari Ukraina. Event yang akan digelar di Pasar Baru Square Hotel Jalan Oto Iskandardinta  Bandung itu, bertepatan dengan pengukuhan Pengurus LCI Jabar, untuk melestarikan seni budaya sunda.

"LCI Jabar memiliki peran penting untuk melestarikan seni budaya sunda agar tidak punah. Karena itu, selain menggelar event karya anak bangsa, "Peduli Seni Budaya Sunda" juga akan mengukuhkan kepengurusan LCI Jabar," kata Ketua Ratu Ike Ratna Dewi SH di Bandung, Jumat (24/3/2017).

Penyanyi yang juga penggiat seni dan budaya muda asal Bandung itu mengatakan sebagai putri daerah, ia terpanggil untuk melestarikan dan mempertahankan budaya sunda, karena ini merupakan warisan leluhur. "Kalau orang Ukraina saja cinta seni budaya sunda, apalagi kita yang asli orang sunda." katanya.

Sementara itu, keterlibatan Sam Bimbo di LCI yakni sebagai penasihat untuk kemajuan di bidang seni sunda dari kepunahan. "Kang Sam Bimbo sebagai penasihat untuk kemajuan LCI di bidang seninya," tegas Ike. Acara ini  juga akan diisi dengan berbagai antraksi seni dan budaya yang ditampilkan khusus oleh binaan LCI, termasuk penyerahan santunan bagi yatim. 

Menurut Ketua Umum Lintas Citra Indonesia, Nevy Dharsono, terkait penyelenggaraan "Peduli Seni Budaya Sunda" sangat baik dalam meningkatkan dan animo masyarakat sunda untuk menjaga budayanya. Tentunya akan baik dalam menarik kunjungan wisata dalam meningkatkan wisata di Bandung (Jabar).

“LCI sebagai sebuah organisasi  masyarakat, perannya memberi inspirasi pada masyarakat sekitar tentang beragam sektor, misalnya event di Jabar untuk menjaga budaya suku sunda. Tentunya ini dapat menularkan hal positif, seperti sadar wisata dan mewadahi para seniman sunda yang bisa menarik wisata," kata adik designer Popy Dharsono itu.

Nevy Dharsono menyatakan, event yang dimeriahi para seniman dan artis Jabar itu mendapat dukungan dari Gubernur dan Wagub Jabar. "Pak Dedy Mizwar sangat menyetujuinya dan dia minta agar event ini bisa memberi kontribusi positif pada peningkatan wisata di Bandung. Saya berharap, LCI DPD lainnya, seperti Jatim, Medan dan daerah lainnnya hendaknya melakukan hal serupa pada daerahnya," tuntasnya. (Jr.)**

.

Categories:Hiburan,
Tags:,