'Pink Taxi' Moda Transportasi Khusus Perempuan di Pakistan

'Pink Taxi' Moda Transportasi Khusus Perempuan di Pakistan

Pakistan luncurkan "Pink Taxi" moda transportasi khusus bagi kaum perempuan. (foto - the nation)

Karachi - Kaum perempuan di Pakistan akan merasa lebih aman dan nyaman, ketika mereka bepergian. Mereka bisa memnggunakan adanya inovasi di bidang transportasi, yakni moda transportasi yang disiapkan secara khusus.

Ya, namanya "Pink Taxi" sebuah layanan kendaraan khusus untuk kaum perempuan, dengan pengemudinya seorang perempuan pula. Pink Taxi rencananya diluncurkan pekan ini, meski baru hanya di Kota Karachi. Nantinya, layanan tersebut merambah Lahore dan Islamabad, dalam tiga atau empat bulan ke depan.

"Pengemudi kami menggunakan jilbab pink dan jaket hitam sebagai seragamnya," kata Chief Executive Paxi sekaligus pemilik Pink Taxi, Ambreen Sheikh. Layanan terbaru itu memiliki keuntungan ekstra. Yakni, menyediakan pekerjaan yang aman bagi perempuan sebagai pengemudi.

Sopir yang dipekerjakan Paxi merupakan ibu rumah tangga, mahasiswa dan kaum perempuan muda lainnya. Pemesanan dapat dilakukan lewat telepon, aplikasi khusus di telepon pintar, SMS atau mencegat langsung di jalanan.

Menurut Sheikh, dirinya meluncurkan Pink Taxi karena angka pelecehan terhadap kaum perempuan di kendaraan umum di Karachi cukup tinggi. Berdasarkan data yang dirilis Urban Resource Center di Karachi tahun lalu, 55 persen perempuan yang bepergian dengan bus merasa tidak aman dan kerap mengalami pelecehan seksual.

Noor Jehan misalnya, salah seorang pengemudi Pink Taxi membenarkan, perempuan di Pakistan membutuhkan layanan tersebut. Sebab, mereka harus berpikir tiga kali, sebelum masuk ke kendaraan yang dikemudikan oleh kaum laki-laki.

Hal senada diungkapkan Kainat Chaudhry, salah seorang penulis konten di perusahaan IT. "Sopir taksi berhak mengeset kaca spion untuk melihat apa pun yang kamu kenakan. Tekanan tersebut bisa membuat se­seorang meringkuk dan bersembunyi di pojokan taksi, agar terhindar dari pengamatannya," tutur Chaudhry.  (Jr.)**

.

Categories:Info Bisnis,
Tags:,