Jalur Utama Malang-Kediri Tertutup Longsoran Tanah

Jalur Utama Malang-Kediri Tertutup Longsoran Tanah

Longsor di Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang menutupi jalan utama yang menghubungkan Malang - Kediri. (foto - Seputar Malang)

Malang - Hujan deras yang mengguyur Malang mengakibatkan tanah longsor di Jalan Raya Desa Pait Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang, yang merupakan jalur utama dari Malang menuju ke Kediri Jawa Timur, Minggu (26/3/2017) sekitar pukul 16.00 WIB.
 
Menurut Koordinator Relawan Jangkar Kelud, Catur Sudharmanto hujan deras yang mengguyur selama dua hari menjadi faktor utama penyebab longsor. Longsor sempat membuat jalur utama dari Malang menuju Kediri atau sebaliknya tertutup total. Setelah dievakuasi bisa dilalui tapi dengan sistem buka tutup.
 
Akibat longsor, arus lalu lintas dari Malang menuju Kediri mengalami kemacetan sepanjang 5 kilometer. Para pengendara diimbau untuk berhati-hati, karena material longsor menutupi badan jalan.
 
"Material longsor air dan tanah ada beberapa pohon tumbang. Kendala proses evakuasi karena menggunakan alat manual. Petugas menunggu bantuan alat berat dari BPBD Kabupaten Malang," kata Sudharmanto. 
 
Selain menutup akses jalan utama, hujan deras juga membuat aliran Sungai Konto di Desa Wonoagung Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang, meluap. Warga saat ini diminta mengevakuasi hewan ternak ke tempat yang lebih aman. 
 
"Selain jalur utama tertutup longsor, di Wonoagung sungai meluap. Jembatan penghubung Desa Pondok Agung, Kasembon Malang dan Desa Siman, Kepung Kediri hanyut. Di Mendalan, lima sepeda motor milik warga hanyut belum ditemukan," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,