Garuda Tunda Penerbangan Bandung-Batam

Garuda Tunda Penerbangan Bandung-Batam

Garuda Tunda Penerbangan Bandung-Batam

Batam- Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menunda pembukaan rute penerbangan Batam-Bandung dan Batam-Surabaya hingga Desember meski awalnya penerbangan perdana dari Bandara Internasional Hang Nadim dijadwalkan Jumat (14/11/2014).

"Sebenarnya izin dari Kementerian Perhubungan untuk dua rute tersebut sudah selesai diurus. Namun mereka mengatakan masih melakukan sejumlah persiapan, jadi jadwalnya diundur," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso di Batam, Jumat.

Berdasarkan informasi yang disampaikan ke Hang Nadim, kata dia, saat ini manajemen Garuda Indonesia tengah mempersiapkan dua pesawat jenis Boeing 737-800NG untuk melayani rute tersebut serta memberitahukan pada agen perjalanan mengenai rute baru yang akan dibuka dari Batam.

"Namun demikian, pihak Garuda Indonesia akan mulai melayani rute tersebut paling lambat minggu kedua Desember 2014," kata dia.

Suwarso mengatakan, pembukaan dua rute penerbangan baru tersebut akan memicu maskapai-maskapai lain untuk menambah penerbangan dari Batam.

"Kami berharap makin banyak maskapai membuka rute baru dari Hang Nadim Batam sehingga mampu memberikan pilihan lebih banyak bagi masyarakat," kata Suwarso.

Sebelumnya, Station Manager PT Garuda Indonesia Branch Office Batam Timbul Panjaitan mengatakan permintaan penerbangan dua rute itu sangat tinggi.

"Makanya kami berupaya agar pelanggan Garuda Indonesia dari Batam tidak usah transit untuk menuju dua kota tersebut," kata dia.

Selama ini, kata dia, pengguna setia Garuda Indonesia harus transit di Jakarta jika hendak menuju Surabaya, hal tersebut tentu tidak efektif. Demikian juga dengan pelanggan tujuan Bandung.

"Dengan layanan ini tentu lebih efektif dan mempercepat jarak tempuh, sehingga pelanggan juga akan merasa lebih nyaman," kata Timbul.

Sebelum merencanakan pembukaan dua rute baru tersebut, Garuda Indonesia sudah melayani rute Batam-Jakarta lima kali sehari dan Batam-Medan, Batam-Tanjung Karang masing-masing satu kali sehari.

Selain Garuda Indonesia, saat ini rute ke Surabaya sudah dilayani Lion Air tiga kali sehari dan Citilink dua kali sehari. Untuk rute ke Bandung, Jawa Barat, juga sudah dilayani Lion Air satu kali sehari.

.

Categories:Nasional,