Sumatera Barat pun Bergetar Ketika Nias Dilanda Gempa

Sumatera Barat pun Bergetar Ketika Nias Dilanda Gempa

Sumatera Barat pun Bergetar Ketika Nias Dilanda Gempa.

Medan - Gempa tektonik berkekuatan 5,0 pada skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Kepulauan Nias Selatan, dirasakan juga oleh masyarakat di Sumatera Barat, Senin (27/3/2017) malam.

Menurut Kepala Bidang Data Dan Informasi BMKG 1, Syahnan peta tingkat guncangan (model shakemap) BMKG menunjukkan, daerah Nias Selatan dirasakan banyak orang. "Gempa tidak menimbulkan kerusakan. Hanya benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar," katanya.

Berdasarkan informasi, gempa selain dirasakan di Kepulauan Nias, juga dirasakan hingga ke Pasaman Barat dan Maninjau Sumatera Barat (Sumbar). "Warga di Kabupaten Nias Selatan dan Gunungsitoli Sumatera Utara, diimbau agar tetap tenang karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi menimbulkan tsunami," tegas Syahnan.

Seperti diketahui, gempa bumi tektonik berkekuatan 5,0 SR mengguncang Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Senin (27/3/2017). Kepala BBMKG Wilayah I Sumatera Utara, Edison Kurniawan dari hasil analisis BMKG menunjukkan, gempabumi ini terjadi pada pukul 20:15:26 WIB terletak pada koordinat 0.54 LU dan 98.38 BT.

Edison menjelaskan, lokasi gempa tepatnya di laut pada jarak 64 kilometer pada arah Tenggara Kabupaten Nias Selatan Sumatera Utara, dengan kedalaman hiposenter 10 kilometer. "Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi ini disebabkan oleh aktivitas tektonik dari subduksi antara lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia," katanya.

Sementara itu, berdasarkan hasil monitoring selama 1 jam terakhir dari BMKG Balai Wilayah I menunjukkan, tidak ada kejadian gempa susulan di sekitar lokasi gempa bumi utama. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,