Topan Debbie Lumpuhkan Sejumlah Kota di Australia

Topan Debbie Lumpuhkan Sejumlah Kota di Australia

Sejumlah kota di Australia lumpuh total diterjang Topan Debbie, Selasa 28 Maret 2017. (foto - The Australian)

Canberra - Topan Debbie yang disertai hujan deras dan angin kencang mulai melanda timur laut Australia. Sejumlah kota dilaporkan lumpuh total.

Menurut Badan Meteorologi Australia, topan kategori empat berdasarkan skala Beaufort itu mulai melintasi negara bagian Queensland sejak Kamis 23 Maret, dengan membawa angin kencang berkecepatan 270 Km per jam. Aparat mendesak agar 30.000 penduduk di area resor Great Barrier Reef untuk dievakuasi.

Dilansir Al Jazeera, Selasa (28/3/2017) sebelum menghantam Queensland, Topan Debbie sempat menyapu Pulau Whitsunday, timur laut Queensland dan menyebabkan turis di pulau tersebut mengunci diri di dalam hotel sepanjang hari.

Beberapa pelabuhan seperti Abbot Point dan Mackay and Hay Point terpaksa berhenti beroperasi. Hal serupa juga terjadi di bandara Townsville, Queensland. "Kami mendapat sejumlah laporan atap bangunan mulai terangkat," sebut Kepolisian Queensland kepada ABC.

Sementara tentara disiagakan untuk menghadapi segala kemungkinan terburuk. Dilaporkan juga aliran listrik di area Queensland padam, akibat terjangan topan itu. Petugas tanggap bencana mulai mengumpulkan bahan makanan dan bahan bakar.

Kondisi ini merupakan evakuasi terbesar sepanjang sejarah Australia sejak Topan Tracy melanda Darwin pada tahun 1974. Sejauh ini, aparat Queensland Australia belum memastikan dampak lanjutan dari terjangan Topan Debbie tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,