92 Orang Tewas Ratusan Terluka Longsor Terjang Kolombia

92 Orang Tewas Ratusan Terluka Longsor Terjang Kolombia

Tanah longsor di wilayah Provinsi Putumayo Kolombia yang menyebabkan 92 warga tewas dan ratusan orang lainnya mengalami luka-luka. (foto - AFP)

Mocoa - Wilayah Provinsi Putumayo di Kolombia diterjang tanah longsor. Berdasarkan keterangan Palang Merah setempat, sedikitnya 92 orang tewas dan lebih dari 200 lainnya luka-luka akibat musibah tersebut.

Hujan deras selama berjam-jam sepanjang malam hingga dinihari, menyebabkan ketinggian air di sejumlah sungai meluap serta mengakibatkan tanah longsor. Luapan air sungai bercampur lumpur itu membanjiri rumah warga, yang berada di provinsi tersebut.

Dilaporkan BBC, Minggu (2/4/2017)  Presiden Kolombia Juan Manuel Santos langsung meninjau ke lokasi bencana tersebut. Menurutnya, anggota tentara nasional Kolombia sudah dikerahkan, yang merupakan bagian dari respons darurat.

Gubernur Putumayo, Sorrel Aroca menyatakan, hampir seluruh wilayahnya terkubur oleh longsoran tanah tersebut. Sementara Walikota Mocoa, Jose Antonio Sanchez menjelaskan, Ibukota Provinsi Putumayo itu benar-benar terisolasi dari dunia luar, tanpa adanya pasokan listrik dan air.

Sementara Perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana setempat meyakini, musibah tanah longsor terjadi akibat meluapnya Sungai Mocoa, beserta tiga anak sungai lainnya. Provinsi Putumayo sendiri berada di perbatasan antara Kolombia dan Ekuador dan Peru.

Badan Meteorologi dan Geofisika Kolombia menyebutkan, Maret 2017 adalah bulan dengan curah hujan paling tinggi sejak 2011. Tingginya intensitas curah hujan selama satu bulan terakhir itu, mengakibatkan sungai-sungai meluap hingga terjadi musibah tanah longsor. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,