Prototipe 'Metro Kapsul' Tiba di Alun-alun Kota Bandung

Prototipe 'Metro Kapsul' Tiba di Alun-alun Kota Bandung

Petugas menurunkan prototipe "Metro Kapsul" di Jalan Asia Afrika kawasan Alun-alun Bandung. (foto - prfm)

Bandung - Sejak pertengahan Maret 2017 lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana memasang atau memajang prototipe Light Rapid Transit (LRT) "Metro Kapsul" di Alun-alun Bandung. Sesuai janji Walikota Bandung Ridwan Kamil, maka prototipe Metro Kapsul tersebut tiba di Alun-alun Bandung, Rabu (5/4/2017) dinihari.

Para petugas  dan pihak kepolisian pun sibuk berusaha mengatur arus lalu lintas di Jalan Asia Afrika, tepatnya di sekitar Alun-alun Kota Bandung. Meski arus lalu lintas relatif lengang, sekitar alun-alun pun dipenuhi oleh kendaraan besar, yang mengangkut prototipe Metro Kapsul tersebut.

Pemasangan prototipe Metro Kapsul, sama halnya dengan cable car di Balaikota Bandung. Dengan dipajangnya prototipe tersebut, seluruh masyarakat Bandung bisa melihat dan mencobanya. Sementara proyek pembangunan LRT Metro Kapsul memang ditagetkan dibangun dalam waktu dekat.

Rencananya, proyek moda transportasi itu akan dibangun sepanjang enam kilometer yang dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama, akan dibangun lintasan sejauh tiga kilometer dengan rute dari Stasiun Bandung menuju kawasan Dalem Kaum. Sedangkan tahap dua, lintasan sepanjang tiga kilometer dikonstruksikan hingga ke Tegallega dan kembali lagi ke Stasiun Bandung. 

Pembangunan rel-nya sendiri dilakukan di atas jalan setinggi minimal tujuh meter dan maksimal sepuluh meter. Untuk pembangunan tiga kilometer pertama, ditagetkan pada bulan April ini, dan akan selesai pada bulan Desember mendatang.

Pihak Pemkot sendiri saat ini masih menunggu terbitnya peraturan presiden (Perpres), yang menunjuk PT Pembangunan Perumahan (PP) sebagai pelaksana proyek.

Penunjukan pelaksana proyek tersebut pernah dilakukan presiden saat pembangunan LRT di Palembang. Dalam konteks peraturan perundangan, presiden bisa mengeluarkan perpres untuk menunjuk BUMN mengerjakan berbagai proyek, yang memang sifatnya sebagai pilot project. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,