Tersangka Utama Sopir Truk Maut Teror Swedia Ditangkap

Tersangka Utama Sopir Truk Maut Teror Swedia Ditangkap

Bangkai truk teror di Swedia yang menabrak pejalan kaki dan sebelum menghantam Pusat Perbelanjaan Ahlens di Stockholm. (foto - ndtv)

Stockholm - Kepolisian Swedia telah menangkap pria yang menjadi tersangka utama aksi teror di Stockholm. Pelaku yang mengemudikan truk dengan kecepatan tinggi itu menabrak para pejalan kaki di Drottninggatan Stockholm, yang menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai 15 orang lainnya sebelum menabrak pusat perbelanjaan.

"Orang yang dicurigai telah ditangkap sebagai tersangka, yakni sopir truk tersebut," sebut Juru Bicara Kepolisian Lars Bystrom. Pria itu dilaporkan ditahan di wilayah Utara Stockholm, dan kemudian ditahan atas tuduhan melakukan tindakan terorisme.

Dilansir Reuters, Sabtu (8/4/2017) polisi mengatakan, pria itu cocok dengan ciri-ciri tersangka dari foto yang disebarkan. Yakni memakai jaket militer hijau dengan hoodie berwarna gelap. Meski begitu, kepolisian tidak mengonfirmasi apakah pria itu yang mengemudikan truk teror di Drottninggatan tersebut.

Disebutkan, apabila kejadian pada Jumat itu benar-benar merupakan aksi teror, maka insiden itu adalah yang pertamakali terjadi di Swedia. Cara yang digunakan pelaku mirip dengan beberapa serangan lain di sejumlah kota di Eropa, seperti Nice, Berlin dan yang terakhir di London Inggris.

Kamera pengawas (CCTV) dari sebuah toko pun merekam saat sebuah truk mengebut di Drottninggatan, Stockholm, Swedia sebelum menabrak dan menewaskan empat orang dan melukai 15 orang lainnya. Perdana Menteri (PM) Swedia Stefan Lofven mengatakan, kejadian itu adalah sebuah serangan teroris.

Dalam rekaman yang dilansir Russia Today, tampak para orang-orang berjalan santai sebelum kepanikan terjadi secara tiba-tiba. Beberapa orang berlari berusaha masuk ke dalam toko, dan beberapa saat kemudian sebuah truk melintas dengan kecepatan tinggi melewati jendela toko. 

Seperti diketahui, truk itu terus melaju di sepanjang Drottinggatan, sebelum menabrak pusat perbelanjaan Ahlens. Sampai saat ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas kejadian itu. Namun, pihak berwenang Swedia telah menyebar foto pelaku serangan teror tersebut. Setidaknya dua orang telah ditahan oleh polisi terkait insiden tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,