14 Persen Siswa SMA/MA di Jabar Belum Lakukan UNBK

14 Persen Siswa SMA/MA di Jabar Belum Lakukan UNBK

pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di tingkat SMA di Jawa Barat. (foto - ilustrasi)

Bandung - Sebanyak 47.592 siswa atau sekitar 14 persen siswa SMA/MA di Jabar, belum melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Secara keseluruhan siswa SMA di Jabar yang melaksankan ujian nasional (UN) mencapai 244.360 siswa.

Dengan demikian, sebanyak 47.592 siswa SMA/MA di Jabar masih melaksanakan ujian nasional kertas pensil (UNKP). "Memang secara umum hampir semua daerah sudah melaksanakan UNBK," kata Kepala Dinas Pendidikan Jabar Ahmad Hadadi, Senin (10/4/2017).

Hadadi menjelaskan, beberapa kota sudah 100 persen melaksanakan UNBK. Yakni Kota Bandung, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Cirebon, Kota Sukabumi dan Kota Banjar. Sedangkan kabupaten yang sudah 100 persen UNBK, yakni Kabupaten Karawang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Ciamis dan lainnya.

"Yang belum melaksanakan itu karena keterbatasan sarana dan prasarana utamanya perangkat komputer," aku Ahmad. 

Ahmad Hadadi mengakui, pelaksanaan UNBK di sejumlah sekolah masih ada yang berlangsung dua sesi dalam sehari. Di SMA Negeri 20 Kota Bandung misalnya, dalam pelaksanaannya dua sesi dalam sehari. "Di beberapa sekolah memang ada keterbatasan komputer," ungkapnya.

Ia menambahkan, tak hanya dua sesi namun ternyata masih ada sekolah yang melaksanakan UNBK sebanyak tiga sesi dalam sehari. Sejauh ini, pihaknya belum mendata jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK lebih dari satu sesi.

Dengan demikian, dari sebanyak 244.360 siswa SMA di Jabar mengikuti ujian nasional (UN), sebanyak 47.592 siswa masih melaksanakan ujian nasional kertas pensil (UNKP). Sedangkan sisanya sudah melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Namun demikian, Ahmad mengaku belum mendapatkan laporan soal kendala dalam pelaksanaan UNBK tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,