28 Ormas Tolak Deklarasi Pembentukan FPI Kota Semarang

28 Ormas Tolak Deklarasi Pembentukan FPI Kota Semarang

Aparat kepolisian siap siaga di lokasi, Kapolrestabes Semarang bubarkan deklarasi pembentukan FPI Kota Semarang. (foto - tribunewsjateng)

Semarang - Ratusan orang yang berasal dari 28 organisasi masyarakat (ormas) menggelar aksi tolak pembentukan Front Pembela Islam (FPI) Kota Semarang, di Jalan Pergiwati Bulu Lor Semarang Utara, Kamis (13/4/2017).

Massa berorasi menyampaikan penolakan atas rencana pembentukan FPI Kota Semarang. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, ratusan polisi diterjunkan untuk menjaga suasana. Sempat terjadi dialog antara perwakilan ormas dan FPI, yang ditengahi olehKapolrestabes Semarang Kombes Pol Abiyoso Seno Aji.

Seperti dituturkan perwakilan Ormas Merah Putih, Iwan Santoso dengan tegas menyatakan penolakannya terhadap FPI. Ia khawatir jika keberadaan FPI di Semarang, justru akan merusak kondusifitas kota lunpia. "Semarang sudah kondusif dan sangat aman, jangan sampai FPI merusak kota kami," katanya.

Sementara Ketua DPD FPI Jateng Syihabuddin tetap berkeinginan untuk mendeklarasikan FPI di Kota Semarang. "Kami bukan anti Pancasila, kami hanya mengkaji hal itu agar bisa diterapkan berdampingan dengan Islam," katanya.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Kapolrestabes  Abiyoso Seno Aji pun memerintahkan kegiatan deklarasi pembentukan Front Pembela Islam (FPI) Kota Semarang tersebut dibubarkan. "Demi keamanan dan kenyamanan bersama, acara ini dibubarkan," kata Abiyoso.

Kegiatan pembentukan FPI Kota Semarang itu sendiri digelar di rumah Ketua Advokasi Hukum FPI Jawa Tengah Zainal Abidin. Menurutnya, keputusan itu diambil mengingat banyaknya penolakan terhadap pembentukan FPI.

Dalam kaitan itu, ratusan personel kepolisian dikerahkan untuk menjaga lokasi kegiatan pembentukan Front Pembela Islam Kota Semarang. Personel gabungan Polrestabes Semarang dan Polda Jateng itu sudah berjaga, mulai dari Jalan Pergiwati I Nomor 19, Bulu Lor Semarang Utara. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,