Tim SAR Evakuasi Pilot Cessna 208 Jatuh lewat Jalan Darat

 Tim SAR Evakuasi Pilot Cessna 208 Jatuh lewat Jalan Darat

Jenazah Kapten Kompol Rio Pasaribu, pilot pesawat Cessna 208 Caravandi Bandara Oksibil yang akan diterbangkan ke Bandara Sentani di Jayapura. (foto - Twitter)

Jayapura - Tim SAR akhirnya berhasil menemukan dan mengevakuasi jenazah Kapten Kompol Rio Pasaribu, pilot pesawat Cessna 208 Caravan. Kapten Rio tewas setelah pesawat yang dipilotinya jatuh di Pegunungan Bukit Anum, Oksibil Papua.
 
Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Papua Kombes Pol Ahmad Mustafa Kamal menyebutkan, jenazah Rio terpaksa dievakuasi melalui jalan darat, karena cuaca di lokasi sangat ekstrem dan bisa membahayakan jika evakuasi dilakukan dengan menggunakan helikopter.
 
Berdasarkan informasi menurut Kamal, tim SAR mengevakuasi jenazah menuju ke desa terdekat. jenazah dibawa ke Bandara Oksibil, untuk selanjutnya diterbangkan ke Bandara Sentani di Jayapura. "Meski sulit tapi evakuasi sudah berhasil, kini jenazah pilot akan diangkut menuju Jayapura," kata Kamal, Jumat (14/4/2017).
 
Setiba di Jayapura, jenazah Kapten Rio akan diterbangkan lagi ke Jakarta, untuk dikebumikan keluarganya di kampung halamannya. "Sore ini juga jenazah diangkut dengan maskapai Batik Air ke Jakarta, untuk selanjutnya diterbangkan ke kampung halamannya," katanya.
 
Kamal menyatakan, evakuasi jenazah yang dilakukan tim SAR yang beranggotakan delapan personel itu, memang tidak semudah yang direncanakan. Sebab tim SAR harus menembus hutan lebat di tengah cuaca ekstrem, yang melanda wilayah tersebut.
 
Belum lagi lokasi jatuhnya pesawat berada di lembah pegunungan yang bertebing curam. Meski sangat melelahkan, tim SAR akhirnya berhasil juga menemukan dan membawa kotak hitam (black box) pesawat tersebut.
 
Seperti diketahui, pesawat itu jatuh dalam penerbangan rute Tanah Merah - Oksibil. Pesawat dengan nomor registrasi PK-FSO yang dioperasikan Spirit Avia Sentos tersebut dinyatakan hilang kontak, pada Rabu 12 April 2017. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,