Waduk Jatigede Bakal Dilengkapi Kawasan Wisata Terpadu

Waduk Jatigede Bakal Dilengkapi Kawasan Wisata Terpadu

Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang bakal dilengkapi dengan Kawasan Wisata Terpadu. (foto - ilustrasi)

Sumedang - Dalam rangka membangun kawasan wisata Jatigede secara terencana dan terorganisasi, pemerintah lewat Kementerian Dalam Negeri tengah menyusun secara matang masterplan (rencana induk) kawasan Waduk Jatigede.
 
Untuk mewujudkannya, akan dipilih 4 desa yang akan jadikan model untuk pembangunan desa wisata. Antara lain mencakup wisata tirta, kuliner, kerajinan tangan serta wisata fashion. "Saya akan minta 4 desa untuk menjadi model desa wisata, yang akan dilaksanakan tahun ini," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.
 
Diharapkan, hal itu bisa membangun ekonomi kreatif agar masyarakat bisa sejahtera. Untuk itu terlebih dahulu kami akan mengadakan Rakornas Desa. Setelah itu, desa wisata nantinya akan diusulkan agar bisa menghasilkan satu produk unggulan. Ia katakan itu saat menghadiri "Festival Pesona Jatigede 2017" di Tanjung Duriat Desa Pajagan Kecamatan Cisitu, Sabtu lalu.
 
Menurut Arief, potensi pariwisata Waduk Jatigede termasuk pembangunan wilayah Kabupaten Sumedang, diyakini akan terangkat. Sebab lokasinya relatif dekat dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka yang rampung tahun 2019. 
 
Apabila pembangunan bandara sudah tuntas, infrastruktur jalan menuju kawasan wisata Jatigede otomatis akan diperbaiki. Terlebih, kondisi jalan kini dinilai kurang memenuhi syarat untuk akses menuju kawasan destinasi wisata Jatigede. "Saya akan menghubungi sekaligus mengundang Perhutani untuk membangun kawasan ekonomi pariwisata kehutanan di Sumedang," katanya. 
 
Sementara itu, Bupati Sumedang Eka Setiawan menyatakan, Waduk Jatigede diharapkan bisa berkembang, karena pengaruhnya bisa memberikan kesejahteraan secara langsung bagi masyarakat Sumedang. Bahkan Jatigede bisa menjadi destinasi wisata di Indonesia. 
 
Potensi Jatigede dan pembangunan di Sumedang dapat memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan Jawa Barat. Dengan berbagai potensi yang ada di Kabupaten Sumedang terutama destinasi wisata Jatigede, menjadi jalan untuk mensejahterakan masyarakat Sumedang termasuk mendorong pembangunan nasional.
 
Pada sisi lain, anggota DPR RI Komisi XI Doni Ahmad Munir menjelaskan, untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat Jatigede, diperlukan komitmen yang kuat. Yakni mengoptimalkan tekad dan usaha untuk mengembangkan pariwisata di Kabupaten Sumedang. 
 
Dengan dibangunnya Waduk Jatigede diharapkan bisa menjadi tempat wisata yang potensial. Bahkan, harus memunculkan mata pencaharian baru bagi masyarakat di tempat relokasi. Hal itu, untuk mencegah kemiskinan baru di Kabupaten Sumedang. (Jr.)**
.

Categories:Wisata,
Tags:,