'Perang Roket' Warga Warnai Perayaan Paskah di Yunani

'Perang Roket' Warga Warnai Perayaan Paskah di Yunani

Warga di Pulau Chios Yunani menggelar "perang roket" dalam merayakan Paskah. (foto - argotravel)

Chios - Chios, salah satu pulau di Yunani yang memiliki tradisi yang berbeda, khususnya dalam rangka merayakan Paskah. Warga di Pulau tersebut menyelenggarakan "perang roket" untuk merayakan kebangkitan sang Juru Selamat bagi umat Kristiani.

Dilansir Russia Today, Senin (17/4/2017) tentunya perang roket tersebut tidak menggunakan senjata api. Para paroki Gereja Ortodoks Agios Markos dan Panagia Erithiani di Desa Vrontados, menyalakan ribuan kembang api yang mereka buat sendiri.

Mereka saling menembakkan kembang api itu untuk bisa membunyikan lonceng besar yang ada di menara lonceng masing-masing gereja. Festival yang memiliki nama Rouketopolemos atau perang roket itu, kabarnya sudah dilakukan oleh kedua gereja sejak 200 tahun lalu.

Berdasarkan keterangan pejabat setempat, perayaan perang roket tersebut dipandang perlu dilakukan, guna memelihara adat istiadat dan kebiasaan masyarakat setempat. 

"Ada kesempatan untuk adat kembali ke akarnya, untuk itu kita pun perlu membantu terhadap semua orang," sebut Wakil Walikota Stratis Gdyssis. (Jr.)**

.

Categories:Gaya hidup,
Tags:,