Ratusan Siswa SMPN 1 Lembang Tanam 1.000 Pohon di Gn. Putri

Ratusan Siswa SMPN 1 Lembang Tanam 1.000 Pohon di Gn. Putri

Ratusan Siswa SMPN 1 Lembang Tanam 1.000 Pohon di Gn. Putri. (foto - ist)

Bandung - Siswa SMP Negeri 1 Lembang memperingati Hari Bumi, dengan melakukan penanaman 1.000 pohon di Gunung Putri Lembang Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (22/4/2017). Penanaman pohon itu untuk pelestarian alam dan sarana edukasi, sekaligus untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Menurut Kepala SMPN 1 Lembang Ayep Taryana, kegiatan penanaman 1.000 pohon dilaksanakan sebagai sarana aktualisasi pendidikan kepramukaan. Bekerja sama dengan organisasi nirlaba Bakti Untuk Negeri Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1976, sebanyak 1.000 pohon yang ditanam yakni pohon puspa, damar dan kopi arabika.

"Sekitar 800 siswa turut dalam kegiatan pendakian dan penanaman 1.000 pohon di Gunung Putri. Bertujuan mengajak siswa agar lebih mengenal lingkungan, karena hari ini bertepatan dengan Hari Bumi. Diharapkan, siswa mampu untuk menjaga dan melestarikan alam, serta menebar manfaat untuk masa depan manusia," katanya.

Ketua Pelaksana Sukardi menyebutkan, sebanyak 1.000 pohon yang ditanam ialah sumbangan dari BUM ITB 76. "Sejak 2010 SMPN 1 Lembang bermitra dengan BUM ITB 76, jadi kami sudah sering melakukan kegiatan konservasi penyelamatan lingkungan di Bandung utara. Untuk menyambut Hari Bumi, kami minta bantuan pohon kepada mereka. Kami bersyukur BUM ITB 76 merespons positif," katanya.

Pohon tersebut ditanam di atas lahan seluas sekitar 5 hektar. Selain melakukan penanaman pohon, siswa bersama sejumlah relawan juga melaksanakan kegiatan operasi bersih di Gunung Putri, berbarengan dengan komunitas pencinta lingkungan lainnya yang juga merayakan Hari Bumi. (Jr.)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,