Rumah Miryam Digeledah KPK Kuasa Hukum Ajukan Protes

Rumah Miryam Digeledah KPK Kuasa Hukum Ajukan Protes

Kediaman Miryam S. Haryani. (foto - kumparan)

Jakarta - Kuasa hukum Miryam S. Haryani, Aga Khan Abduh menyampaikan protes atas penggeledahan yang dilakukan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, di kediaman Miryam. Ia meminta penyidik tidak sewenang-wenang dalam menjalankan tugasnya.
 
Aga menjelaskan, KPK seharusnya menghormati jalur hukum yang ditempuh mantan anggota Komisi II DPR RI tersebut, yakni praperadilan. Apalagi, praperadilan itu sudah didaftarkan sejak 21 April 2017 lalu.
 
"Kami minta KPK tidak sewenang-wenang. Seharusnya tetap hargai langkah hukum yang kami tempuh. Praperadilan itu kami ajukan sebagai upaya kontrol kepada penyidik KPK, agar substansi perkaranya tidak menjadi bias," kata Aga kepada wartawan di Jakarta, Selasa (25/4/2017).
 
Ia juga menyoroti amanah yang diberikan undang-undang kepada KPK. UU menyebutkan, KPK tidak berwenang menangani kasus selain korupsi. "Kewenangan KPK, kan jelas hanya perkara korupsi. Ingat klien saya (awalnya) hanya saksi di kasus e-KTP," tegas Aga.
 
Seperti diketahui, penyidik KPK menjerat Miryam S. Haryani atas tuduhan pemberian keterangan tidak benar dalam sidang kasus dugaan korupsi proyek e-KTP, setelah sempat mencabut seluruh BAP miliknya di KPK.
 
Padahal, dalam penyidikan di KPK Miryam banyak membongkar nama-nama anggota DPR yang diduga menerima uang korupsi, yang merugikan keuangan negara hingga Rp 2,3 triliun. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,