India Kembali Terancam Serangan Suhu Panas Mematikan

India Kembali Terancam Serangan Suhu Panas Mematikan

India Kembali Terancam Serangan Suhu Panas Mematikan. (foto - ilustrasi)

New Delhi - Memasuki musim panas tahun ini, India kembali terancam serangan gelombang panas mematikan. Ancaman kematian akibat gelombang panas tersebut mutlak jadi perhatian, yang menghantui Negeri Bollywood itu.
 
Sebagaimana diketahui, ratusan orang tewas akibat gelombang panas, yang menyerang Negeri Bollywood itu pada 2016. Suhu tertinggi ketika itu tercatat mencapai 51 derajat Celsius.
 
Sedikitnya 2.300 orang dinyatakan tewas akibat gelombang panas di India sejak 2015. Badan Meteorologi India memprediksi, musim panas kali ini akan mengalami kenaikan suhu dengan rata-rata 1 derajat Celsius di beberapa wilayah.
 
Seperti dilaporkan CNN, sejumlah wilayah paling panas di India, antara lain negara bagian Rajasthan dan Maharashtra. Suhu di kedua wilayah tersebut hingga April 2017 ini, sudah mencapai lebih dari 45 derajat Celsius.
 
Wilayah lain seperti Ibukota New Delhi, suhu yang terukur pada 18 April mencapai 43,7 derajat Celsius. Angka tersebut merupakan suhu terpanas di New Delhi, terhitung sejak 2010.
 
Seorang ahli meteorologi, Taylor Ward menyatakan, kenaikan suhu dengan rata-rata 1 derajat Celsius selama tiga bulan ke depan, yakni ‘substansial’ atau tidak dapat dihindari.
 
"Kenaikan rata-rata 1 tingkat selama tiga bulan adalah substansial. Ini akan menghasilkan suhu yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama, sekaligus berpotensi menciptakan gelombang panas yang mematikan," sebut Ward. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,