Klinik Medical Check Up Ilegal di Condet Digerebek Polisi

Klinik Medical Check Up Ilegal di  Condet Digerebek Polisi

Polisi melakukan penggerebekan di klinik Zam-Zam Medical Center di kawasan Condet Jakarta Timur. (foto - ist)

Jakarta -  Direktorat Tindak Pidana Perdagangan Orang (Dit TPPO) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri bersama dengan Dinas Kesehatan DKI, menggerebek sebuah klinik di kawasan Condet Jakarta Timur, Rabu (26/4/2017).
 
Penggerebekan itu diduga terkait penyaluran Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang dilakukan klinik itu. Petugas tiba di klinik Zam-Zam sekitar pukul 14.15 WIB, langsung menggeledah satu per satu ruangan di klinik itu. Antara lain laboratorium room, foto rontgen room, pelayanan administrasi dan lainnya.
 
Kepala Sub Unit Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Bareskrim Ajun Komisaris Polisi (AKP) Langgeng, tampak berbicara dengan bagian administrasi. Langgeng menunjukkan surat perintah untuk melakukan penggeledahan. 
 
"Ini penetapan pengadilan untuk izin penggeledahan di klinik Zam-Zam Medical Center, silakan dibaca," kata Langgeng kepada seorang pegawai administrasi.
 
Ia juga sempat meminta bagian administrasi menunjukkan data rekam medik pasien dari Oktober 2016 sampai Maret 2017, kepada pegawai administrasi klinik itu. Tampak, petugas Bareskrim dan Dinkes mengikuti pegawai administrasi mencari data rekam medik pasien di lemari.
 
Saat penggeledahan, petugas menemukan sejumlah tenaga kerja yang diduga ilegal sedang melakukan medical check up di klinik itu. Ketika diperiksa oleh petugas, klinik tersebut tidak memiliki izin dari kementerian kesehatan.
 
Berdasarkan informasi, penggerebekan itu dilakukan menyusul ditangkapnya dua orang penyalur tenaga kerja ilegal oleh Bareskrim Mabes Polri. Pihak kepolisian lalu melakukan pengembangan, apakah ada hubungan antara penyalur tenaga kerja yang ditangkap dengan klinik itu yang menyediakan jasa medical check up bagi para calon TKI. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,