Terkuak Identitas Pria Berpisau yang Ditangkap di Inggris

Terkuak Identitas Pria Berpisau yang Ditangkap di Inggris

Khalid Mohamed Omar Ali ditangkap kepolisian Inggris. (foto - Reuters)

London - Pria berusia 27 tahun yang ditangkap Kepolisian Inggris karena kedapatan membawa tiga bilah pisau, yakni Khalid Mohamed Omar Ali. Khalid merupakan warga negara Inggris yang lahir di luar negeri, dan menghabiskan hidupnya di Tottenham Utara Inggris.
 
Pria yang akrab disapa Khalid Ali itu ditangkap di Whitehall, Westminster sekitar pukul 14.22 siang waktu setempat, atas dugaan perencanaan teror. Teman Khalid, Markaiu Mason mengatakan, Khalid merupakan pribadi yang jujur, karismatik dan menawan.
 
Namun, sayangnya sifat Khalid telah berubah ketika terakhir kali Mason berkomunikasi dengannya. Ia mengaku baru mendengar kabar tentang Khalid setelah ia ditangkap polisi, dan disiarkan melalui televisi.
 
"Saya bisa melihat, perlahan dia mulai berubah. Ia menjadi lebih religius dan saya pikir ada sesuatu yang tidak beres di sini," kata Mason, seperti dilansir ITV.
Menurut Mason, ia telah kehilangan kontak denga Khalid sejak 2008. Temannya itu mulai berubah sikap ketika berusia 15 tahun. Meski berubah, Mason mengaku tak menyangka jika temannya itu akan mempu merencanakan aksi teror.
 
"Aku langsung mengenali wajahnya di televisi. Hatiku benar-benar sakit karena ia adalah sosok yang luar biasa di sekolah. Ini menghancurkan hatiku karena aku mengenalnya dengan baik," aku Mason, yang bersama Khalid sama-sama mengenyam pendidikan di Northumberland Park Community School di Tottenham.
 
Penangkapan Khalid Ali berlangsung dramatis hingga menyebabkan jalan raya dan gerbang utama menuju gedung parlemen di Downing Street, atau kediaman sekaligus Kantor Perdana Menteri (PM), Theresa May ditutup. 
 
Selain Khalid, Polisi Inggris juga melakukan penangkapan lima orang atas tuduhan yang nyaris sama, yakni perencanaan aksi teror di Harlesden Road barat laut Kota London. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,