Ribuan Wisatawan Napak Tilas lewat 'Sail Krakatau 2017'

Ribuan Wisatawan Napak Tilas lewat 'Sail Krakatau 2017'

Ribuan wisatawan dalam dan mancanegara menikmati letusan Gunung Anak Krakatau. (foto - ist)

Cilegon - Sekitar 1.500 wisatawan lokal termasuk Duta Besar (Dubes) Panama, Deborah Ho Ng de Cogley melakukan napak tilas di Gunung Krakatau dalam acara "Sail Krakatau 2017".

"Biar bagaimana pun kita punya sejarah meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883. Sebab banyak orang yang belum tahu lokasi Gunung Krakatau, tapi cuma tahu namanya," kata Heri Mardiana, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cilegon, Minggu (30/4/2017).

Menurut Heri, Gunung Krakatau yang terletak di Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Sumatera memiliki nama besar yang tak pernah lekang dalam sejarah.

Meski jumlah wisatawan menurun dari tahun 2016 berjumlah 1.800 orang menjadi 1.500 tahun 2017, pihaknya mengaku telah melakukan sosialisasi dengan baik untuk menarik minat orang mengikuti Sail Krakatau 2017.

Hal itu dilakukan dengan menggunakan dana non Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kota Cilegon. "Sosialisasi kita sudah maksimal. Antusias masyarakat juga banyak," katanya.

Perlu diketahui, sejarah mencatat di tahun 1883 Gunung Krakatau meletus dengan kekuatan lebih besar dibandingkan bom atom di Hiroshima. Letusan itu telah menimbulkan tsunami setinggi 40 meter, dan menelan korban puluhan ribu jiwa. (Jr.)**

.

Categories:Wisata,
Tags:,