Nyaris Bentrok, Pelemparan Warnai May Day di Gedung Sate

Nyaris Bentrok, Pelemparan Warnai May Day di Gedung Sate

May Day 2017 yang dipusatkan di depan gedung Sate Kota Bandung nyaris terjadi bentrokan, Senin 1 Mei 2017. (foto - @FerdiL2)

Bandung - Aksi pelemparan botol dan dorong-dorongan massa buruh dengan kelompok yang diduga berasal dari komunitas dan mahasiswa, mewarnai perayaan May Day 2017 yang dipusatkan di depan gedung Sate Kota Bandung, Senin (1/5/2017).

Kerusuhan tersebut berawal ketika rombongan berbaju hitam melempar botol yang mengenai massaburuh. Lalu pihak buruh pun melakukan balasan, sehingga terjadi aksi saling lempar. Rombongan berbaju hitam itu pun melakukan aksi vandalisme dan pembakaran ban.

Massa tersebut mencorat-coret jalan, tembok, baliho, mobil dan lainnya. Bahkan, massa itu pun memecahkan kaca pos polisi yang berada di Taman Cikapayang. Mereka sempat menutup Jalan Sentot Ali Basyah dan Jalan Surapati. Akibatnya kendaraan yang hendak melintas terpaksa dialihkan ke arah Lapangan Gasibu.

Bahkan, peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) di Gedung Sate Bandung tersebut nyaris diwarnai bentrokan. Sekelompok massa yang berpenampilan serba hitam yang tidak diketahui identitasnya itu, ikut bergabung dalam aksi bersama buruh.

Sementara massa diketahui dari LSM Pemuda Mandiri Peduli Rakyat Indonesia (PMPRI) menolak kehadiran massa berpakaian serba hitam tersebut. Sebab, kehadiran mereka dikhawatirkan menganggu jalannya May Day. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,