Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik 1.500 Meter

Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik 1.500 Meter

Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 1.500 Meter. (foto - ist)

Karo - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara kembali menunjukkan peningkatan aktivitas, dengan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 1.500 meter, Senin malam.

"Erupsi terjadi pukul 20.42 WIB. Selain menyemburkan abu vulkanik, di Gunung Sinabung juga terjadi gempa selama 319 detik," kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra, Selasa (2/5/2017).

Armen mengimbau, masyarakat agar selalu waspada dengan mengikuti arahan dari pihak terkait, karena gunung api tersebut berstatus level IV atau "Awas".

"Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Gunung Sinabung. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat  sungai yang berhulu di Gunung Sinabung, agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar dingin," tegas Armen.

Disebutkan, dengan telah terbentuk bendungan di hulu Sungai Laborus karena sungai ini berhulu dari Gunung Sinabung, maka sewaktu-waktu bisa saja terjadi banjir lahar dingin.

"Penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran Sungai Laborus agar tetap menjaga kewaspadaan, karena bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol tidak kuat menahan volume air, sehingga mengakibatkan lahar atau banjir bandang ke hilir," katanya.

Menurut Armen, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Karo segera melakukan sosialisasi ancaman bencana lahar dingin atau banjir bandang tersebut ke penduduk, khususnya yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,