Lima Rumah Hanyut Terseret Luapan Air Sungai Ciwidey

Lima Rumah Hanyut Terseret Luapan Air Sungai Ciwidey

Luapan Sungai Ciwidey menyeret puluhan rumah di Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung. (foto - BNPB)

Bandung - Sedikitnya lima unit rumah milik warga hanyut terseret luapan Sungai Ciwidey dan 30 rumah lainnya rusak, di Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, Rabu (3/5/2917).
 
"Lima rumah habis terbawa arus dan 12 rumah serta satu tempat ibadah rusak berat," kata Humas Basarnas Bandung, Joshua Banjarnahor. Menurutnya, banjir bandang diakibatkan meluapnya Sungai Ciwidey. Terlebih pada sore hari hujan dengan intesitas tinggi mengguyur kawasan itu.
 
"Saat ini di lokasi masih hujan kecil, namun banjir sudah berangsur surut. Saat ini juga tengah dilakukan pemantauan di wilayah yang terdampak banjir," katanya.
Untuk membantu warga, satu tim peleton pasukan Dalmas Polres Bandung diturunkan guna membantu evakuasi.
 
"Jajaran juga tengah mengumpulkan data warga, dan mengarahkan para korban yang rumahnya terdampak banjir untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus.
 
Sebelumnya, video detik-detik seramnya peristiwa itu pun direkam warga dan dibagikan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Twitter. Seorang warga terdampak banjir bandang di Kampung Sukasari, Ee Setiawan (55) mengatakan, banjir bandang itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.
 
Akibat derasnya luapan air dari Sungai Ciwidey, menyebabkan sebagian kamar tidur dan perabotan dapur di rumah hancur berantakan terbawa aliran sungai. Demikian juga beberapa rumah lainnya yang berada tidak jauh dari sempadan sungai. 
 
Menurutnya, sebelum terjadi banjir bandang di wilayah tersebut diguyur hujan cukup deras, meski dalam waktu singkat. "Sebelumnya memang hujan deras. Tidak lama kemudian, air di Sungai Ciwidey meningkat dan sangat deras hingga meluap menerjang permukiman warga," katanya. 
 
Diakui, banjir akibat meluapnya Sungai Ciwidey itu baru pertamakali terjadi. Diduga, banyaknya alihfungsi lahan di kawasan hulu sungai menjadi faktor penyebab tingginya debit air di aliean Sungai Ciwidey. "Sebelumnya belum pernah kejadian seperti ini. Kini hujan sebentar juga debit air di Sungai Ciwidey langsung tinggi," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,