3 Orang Tewas Tertimbun Longsor Lereng Gunung Merapi

3 Orang Tewas Tertimbun Longsor Lereng Gunung Merapi

Gunung Merapi di Kabupaten Sleman Yogyakarta. (foto - blog)

Sleman - Sedikitnya tiga penambang pasir di lereng Gunung Merapi tewas seketika, setelah tebing setinggi 35 meter longsor menimbun mereka, Jumat (5/5/2017).

Longsor akibat rapuhnya dasar tebing yang terus menerus dikeruk pasir, diduga menjadi penyebab musibah tersebut. Bahkan, longsor terjadi di dua lokasi berbeda yang berjarak sekitar satu kilometer di Desa Glagaharjo Cangkringan Sleman Yogyakarta.

Longsor pertama menimbun seorang penambang bernama Purwanto (33), yang langsung meninggal dunia. Sementara longsor kedua menimbun sekitar delapan warga dan penambang, di mana dua di antaranya meninggal dunia.

Mereka yang meninggal yakni seorang ibu bernama Esti Rahayu (25) dan anaknya yang berusia tiga tahun, bernama Berlian. Keduanya adalah istri dan anak sopir truk tambang pasir, yang saat kejadian berteduh di bawah tebing.

"Longsor tebing setinggi 35 meter tersebut terjadi siang tadi. Akibatnya banyak warga tertimbun," kata salah seorang saksi bernama Joko Irianto, seperti dilaporkan TVOne.

Sulitnya medan membuat proses evakuasi berlangsung hingga lebih dari lima jam. Bahkan, proses evakuasi harus menggunakan alat berat untuk mempermudah menemukan jasad korban. Setelah ditemukan, jenazah ketiga korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Sardjito. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,