Puluhan Ribu Ekor Ayam Potong Hangus Terbakar di Bogor

Puluhan Ribu Ekor Ayam Potong Hangus Terbakar di Bogor

Kebakaran peternakan ayam milik PT Januputro Desa Barengkok Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor, Sabtu 6 Mei 2017 pagi. (foto - ist)

Bogor - Sedikitnya 40.000 ekor ayam mati akibat kebakaran yang melanda peternakan ayam milik PT Januputro Desa Barengkok Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor, Sabtu (6/5/2017) pagi. Kerugian yang diderita mencapai Rp 2,5 miliar, akibat ayam dan pakan seberat 21 ton hangus terbakar.
 
Kepala Polisi Sektor Jasinga Darsono Sinaga menduga, kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik di salah satu kandang ayam. "Meski begitu, tidak semua kandang terbakar, hanya empat dari 10 kandang yang terbakar di kawasan peternakan itu," katanya.
 
Menurutnya, kebakaran itu tidak menimbulkan korban jiwa dan tidak membahayakan warga karena berada cukup jauh dari pemukiman sekitarnya. Warga dan petugas kepolisian memadamkan api dengan peralatan seadanya, sehingga proses pemadaman cukup lama.
 
Petugas bersama pemilik peternakan, Singgih membuang ayam-ayam yang terbakar dengan cara menguburnya di dekat lokasi. Diimbau, masyarakat agar tidak mengonsumsi ayam tersebut karena kondisinya yang telah menjadi bangkai.
 
"Ayam tersebut biasanya didistribusikan ke wilayah Jabodetabek, meski kejadian itu tak sampai mengganggu pasokan ayam ke masyarakat karena masih banyak ayam dari peternakan lainnya," kata Darsono.
 
Ia meminta kepad masyarakat untuk lebih waspada, khususnya terhadap musibah kebakaran serupa di tempatnya masing-masing. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,