234 Tahanan Rutan Pekanbaru Masih Bebas Berkeliaran

234 Tahanan Rutan Pekanbaru Masih Bebas Berkeliaran

Aparat gabungan bersiaga penuh di depan Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru, 234 tahanan yang kabur masih diburu. (foto - ist)

Pekanbaru - Kementerian Hukum dan HAM memastikan, sedikitnya 234 tahanan dan narapidana belum ditangkap, masih berkeliaran di luar Rutan. Mereka kabur bersama dari Rumah Tahanan Klas IIB Kota Pekanbaru di Jalan Sialang Bungkuk Provinsi Riau, setelah terjadinya kerusuhan dalam lapas.
 
"Sebanyak 234 masih yang belum ditangkap," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkum HAM, I Wayan Kusmiantha Dusak di Rutan Klas IIB Sialang Bungkuk Pekanbaru, Sabtu (6/5/2017).
 
Terungkap, teka-teki terkait keseluruhan jumlah tahanan yang kabur dari Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru akhirnya terjawab. Setelah melakukan pendataan setiap blok Rutan Sialang Bungkuk, total tahanan yang kabur pada Jumat 5 Mei mencapai sebanyak 448 orang.
 
Hingga Sabtu siang total tahanan yang telah ditangkap TNI-Polri dibantu masyarakat maupun menyerahkan diri sebanyak 213 orang. "Dari jumlah kemarin 1.870 narapidana-tahanan yang lari saat kejadian 448. Dari jumlah itu sudah (ditangkap) sebanyak 213 orang," katanya.
 
Angka pasti total tahanan dan narapidana yang melarikan diri dari Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru memang sempat simpang siur. Polda Riau sebelumnya memperkirakan jumlah tahanan yang kabur mencapai lebih dari 300 orang. Sedangkan Kanwil Kemenkumham Riau sempat membantah angka itu, dan menyatakan total yang kabur tidak lebih dari 200 orang.
 
Kini pekerjaan Polisi dan TNI akan semakin berat dengan total tahanan yang masih kabur sebanyak 234 orang. Untuk itu, Wayan meminta bantuan jajaran Polda Riau untuk tetap melakukan penyisiran dan pengejaran kepada para tahanan yang melarikan diri. "Kita minta ke Pak Kapolda terutama pak Kapolres untuk tetap melakukan penyisiran," ungkapnya.
 
Hingga Sabtu sore, jajaran Polda Riau masih terus melakukan pengejaran terhadap para tahanan yang kabur. Selain itu, Polda Riau juga mengimbau kepada ratusan tahanan Klas IIB Pekanbaru, yang kabur pada Jumat siang tadi agar menyerahkan diri kepada petugas.
 
"Sebaiknya menyerahkan diri, daripada nanti kontra produktif karena petugas kita di lapangan akan melakukan tindakan tegas dan terukur," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,