Ratusan Rumah Hancur, Puting Beliung Mengamuk di Cirebon

Ratusan Rumah Hancur, Puting Beliung Mengamuk di Cirebon

Ratusan rumah milik warga hancur, angin puting beliung mengamuk di Cirebon. (foto - ist)

Cirebon - Sekitar 200 rumah milik warga di tujuh desa di Kecamatan Suranenggala dan Gunungjati Kabupaten Cirebon rusak, disapu angin puting beliung, Jumat malam. Selain merusak rumah, ratusan pohon tumbang dan lebih dari 140 ha lahan padi siap panen hancur.

Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Hujan deras disertai tiupan angin kencang yang merobohkan bangunan dan menerbangkan atap dan genteng, membuat warga panik.

Menurut Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Eman Sulaeman, hasil pendataan BPBD hingga Sabtu sore, setidaknya sudah terdata 200 rumah rusak dengan kategori berat, sedang dan ringan.

"Memang data kerusakan dari Desa Grogol Kecamatan Gunungjati sampai Sabtu sore ini belum masuk," kata Eman, Sabtu (6/5/2017). Berdasarkan data rumah yang rusak tersebut, 4 rumah di antaranya rusak parah hingga roboh.

"Rumah yang roboh, karena kondisi rumah semipermanen. Sedangkan sisanya rata-rata kerusakan terjadi karena atap dan genting yang diterbangkan angin," jelasnya.

Meski dua kecamatan itu memang selama ini dikenal rawan terjangan angin puting beliung, kejadian pada bulan Mei ini sangat mengejutkan. Biasanya musibah angin kencang di wilayah tersebut terjadi sekitar bulan Oktober-November.

Begitu mendapat laporan musibah, pihaknya langsung menerjurkan tim reaksi cepat dengan kekuatan 20 orang. "Tim langsung membantu warga terutama menyingkirkan ratusan pohon tumbang, yang menimpa rumah warga dan menghalangi jalan," katanya.

BPBD juga memberikan bantuan terpal, untuk menutupi atap yang bolong karena diterbangkan angin. "Rumah warga yang rusak juga kami data dan masuk dalam daftar penerima bantuan sosial. Namun soal mereka nanti mendapatkan bansos atau tidak, itu kewenangan instansi lain," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,