Kebakaran Hutan di Korsel Ancam Pemukiman Warga

Kebakaran Hutan di Korsel Ancam Pemukiman Warga

Kebakaran hutan di Korsel ancam pemukiman warga. (foto - Gangneung Pine City/Facebook)

Gangneung - Otoritas setempat mengimbau ratusan penduduk di Kota Gangneung, Korea Selatan (Korsel), untuk segera mengungsi. Pasalnya, api yang membakar hutan di pinggiran kota mulai menjalar ke rumah penduduk.

Titik api pertamakali muncul di sebuah bukit dekat Gangneung, pada Sabtu 6 Mei sekitar pukul 15.30 waktu setempat. Api kemudian merembet wilayah penduduk dan sejauh ini sudah menghancurkan 30 rumah.

Seperti dilaporkan Russia Today, Minggu (7/5/2017) Pemerintah Kota Gangneung meminta sekitar 300 orang penduduk untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Warga pun untuk sementara waktu ditampung di sejumlah sekolah dan bangunan lainnya.

Sekira 2.700 orang sudah dimintai bantuan untuk memadamkan api. Namun demikian, pemadam kebakaran, tentara dan polisi masih kesulitan untuk menjinakkan kobaran api. 

Kebakaran juga merembet ke wilayah lain di Samcheok dan Sangju. Lebih dari 820 orang dan satu skuadron yang terdiri atas 14 helikopter dikerahkan, untuk membantu memadamkan api di Samcheok.

Kebakaran hutan terjadi di hari yang sama ketika Institut Penelitian Lingkungan Hidup Korsel (NIER) menerbitkan peringatan, akan badai debu halus di 12 kota. Badai debu tersebut adalah yang terburuk yang pernah melanda Korsel pada 2017. 

NIER menyarankan, seluruh warga untuk tetap berada di dalam ruangan atau menggunakan masker pelindung jika terpaksa bepergian. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,