Sejumlah Tokoh Dunia Beri Ucapan Selamat kepada Macron

Sejumlah Tokoh Dunia Beri Ucapan Selamat kepada Macron

Emmanuel Macron memenangkan perolehan suara Pemilihan Presiden Perancis berdasarkan hasil exit poll. (foto - Associated Press)

Paris - Presiden Perancis Francois Hollande mengakui telah memberikan ucapan selamat kepada Emmanuel Makron, yang memenangkan perolehan suara dalam Pemilihan Presiden Perancis berdasarkan hasil exit poll.

Seperti dilaporkan CNN, Senin (8/5/2017) Hollande menyebut kemenangan besar yang diraih Macron sebagai keinginan sebagian besar warga negara Perancis, untuk menyatukan kembali nilai-nilai yang dianut di negara itu.

Ia mengharapkan, Marcon bisa meningkatkan hubungan Perancis dengan Uni Eropa. "Kemenangan Marcon menegaskan, sebagian besar warga negara Perancis ingin menyatukan nilai-nilai dari Republik (Perancis), dan menandai keterikatan mereka pada Uni Eropa serta keterbukaan Perancis di dunia," sebut Hollande.

Hasil exit poll dari sebuah lembaga survei independen menyebutkan Macron unggul 65,9 persen, sedangkan Le Pen mendapat 34,1 persen. Bayangan kemenangan Macron sudah dekat dan akan menjadi kemenangan 'bersejarah, hasil besar' dalam Pemilihan Presiden Perancis sepanjang sejarah. Presiden terpilih akan dilantik paling lambat 14 Mei, untuk menggantikan Presiden Francois Hollande.

Sementara itu, capres aliran sayap kanan jauh, Marine Le Pen telah mengakui kekalahannya pada Pemilihan Presiden Perancis 2017.  Le Pen menyatakan, ia sudah menelepon Macron untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya.

Independent melaporkan, ia mengklaim dengan menangnya Macron maka rakyat Perancis memilih untuk "kesinambungan" dan Le Pen berharap, sang pemimpin Partai En Marche! itu dapat menangani berbagai tantangan yang dihadapi Perancis.

Macron juga mulai mendapatkan ucapan selamat dari berbagai pihak, termasuk Perdana Menteri Belgia, Charles Michel lewat Twitter-nya. "Selamat @EmmanuelMacron (mari) bekerja sama untuk momentum Eropa yang baru! #Presidentielle2017,” tulis PM Belgia.

Sementara Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Jucker melalui akun Twitter-nya juga mengucapkan selamat kepada Macron. Ia menambahkan, pihaknya merasa bahagia karena Perancis memilih masa depan Eropa. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,