Banjir Hebat, Otoritas Montreal Menetapkan Status Darurat

Banjir Hebat, Otoritas Montreal Menetapkan Status Darurat

Montreal menetapkan status darurat akibat banjir parah yang dipicu oleh hujan deras serta salju yang mencair. (foto - CBC)

Montreal - Kota Montreal Kanada dikabarkan menetapkan status darurat, akibat banjir parah yang dipicu oleh hujan deras serta salju yang mencair. Kondisi itu memaksa otoritas Montreal, mengevakuasi para warga dari rumah ntinggal mereka.

Dilaporkan Montreal Gazette, sejumlah akses jalan hingga jembatan di Montreal pun terpaksa ditutup karena banjir. Hingga Senin 8 Mei 2017 waktu setempat, belasan sekolah di kota itu pun ditutup.

Seperti dikutip Russia Today, Selasa (9/5/2017) sebanyak hampir 1.900 rumah di 126 wilayah Quebec terendam banjir, sehingga memaksa lebih dari 1.000 warganya meninggalkan wilayah itu. CBC mewartakan, otoritas Kanada menurunkan sedikitnya 1.200 tentara, demi membantu melaksanakan proses evakuasi warga.

Walikota Montreal Denis Coderre mengatakan, sudah ada 220 warga di kotanya yang dievakuasi dari rumah mereka. Ia memperingatkan warga akibat status darurat, sehingga otoritas dapat melakukan evakuasi paksa terhadap warga yang menolak meninggalkan rumahnya.

"Saya paham, secara moral atau psikologis, fisik, mental, orang-orang sangat kelelahan. Kita berbicara secara 24 jam berturut-turut, orang-orang saling membantu. Namun terkadang kita perlu melindungi orang-orang dari diri mereka sendiri,” sebut Coderre.

Status darurat akan ditetapkan di Montreal selama 48 jam, dan pada Selasa 9 April 2017 waktu setempat, para pejabat kota akan menentukan apakah status darurat perlu dihentikan atau diperpanjang. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,