Mendagri Serahkan Keppres Djarot Resmi Plt Gubernur DKI

Mendagri Serahkan Keppres Djarot Resmi Plt Gubernur DKI

Djarot langsung menjabat sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta tanpa dilantik. (foto - dung)

Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyerahkan Keputusan Presiden (Keppres), mengenai pengangkatan Djarot Saefullah Hidayat sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta.

Penyerahan secara resmi Keppres tersebut dilangsungkan di Balaikota Jakarta Pusat, Selasa (9/5/2017).

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo telah menunjuk Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, menggantikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Namun, resminya menunggu surat penunjukan (Keppres).

"Sore hari ini, jam 16.30 di Balaikota DKI Jakarta sebagai Mendagri atas nama Pemerintah Pusat memberikan surat penugasan kepada Wagub DKI Jakarta Djarot sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta," kata Tjahjo.

Tjahjo mengatakan, vonis 2 tahun penjara dari Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara terhadap Ahok, membuat adanya kekosongan pemerintah di DKI Jakarta. Oleh karena itu, penunjukan Plt harus segera dilakukan agar tidak terjadi kekosongan pemerintahan.

"Agar pemerintahan di DKI tetap berjalan, tidak ada kekosongan pemerintahan. Kemudian dengan pertimbangkan Gubernur Ahok ditahan dan tidak bisa menjalankan tugas sehari-hari," katanya.

Keputusan itu berlaku sampai ada keputusan hukum tetap, karena Ahok sendiri tetap akan mengajukan banding pascadivonis 2 tahun dan ditahan. "Sampai keputusan hukum tetap atau sampai akhir jabatan yakni Oktober 2017. Sebab Pak Basuki Tjahaja Purnama menggunakan upaya hukum, yakni banding," tegas Tjahjo. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,