Efektif, Promosikan Angklung lewat Pendiddikan

Efektif, Promosikan Angklung lewat Pendiddikan

Siswa SMPN 5 Bandung saat main di Angklung Day. (Foto: Ade)

Bandung – Untuk memasyarakatkan seni musik Sunda berbahan baku bambu khususnya angklung, Pemprov Jawa Barat berupaya membuat program promo angklung melalui dunia pendidikan. Promo ini dinilai efektif karena bisa memasyarakatkan angklung di kalangan pelajar dan anak muda.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, angklung lebih efektif disebarkan di dunia pendidikan. “Di Jawa Barat kita punya 25.200 sekolah yang bisa dimanfaatkan untuk memasyarakatkan angklung. Setiap sekolah bisa buat sanggar angklung sebagai ekstra kurikuler siswa, dan dari setiap sanggar bisa diikuti banyak siswa. Ini sangat efektif untuk memperkenalkan angklung,” tutur Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Minggu (16/11/2014)

Heryawan menambahkan, selain lewat pendidikan langkah lain untuk melestarikan kesenian angklung, dengan sering dan rutin mengadakan pagelaran di sekolah, kampus, atau instansi pemerintah.  “Pagelaran harus rutin diadakan, bahkan sampai ke luar negeri untuk menarik perhatian orang untuk belajar angklung,” tambahnya.

Namun dari berbagai cara, melalui sekolah dan kampus dianggap positif memasyarakatkan angklung. Ke depan setiap sekolah diharuskan mempunyai sanggar angklung atau ekskul angklung. (Jr.)**

.

Categories:Pendidikan,