Pembangunan di Jabar Jangan Sampai Semrawut

Pembangunan di Jabar Jangan Sampai Semrawut

Rencana pembangunan infrastruktur Jawa Barat. (Foto: Dok CikalNews)

Bandung - Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Irianto MS Syafiudin mengingatkan agar pemerintah provinsi setempat dalam melaksanakan berbagai program pembangunan memikirkan terlebih dahulu kemungkinan munculnya persoalan baru di masyarakat untuk diantisipasi sejak dini.

"Tanpa disiapkan inisiatif yang kreatif terhadap persoalan yang akan muncul, saya kira akan semrawut pembangunan di Jabar," kata Irianto yang akrab disapa Yance kepada wartawan di Bandung, Minggu (16/11/2014).

Ia menuturkan, setiap pembangunan, selain menyelesaikan suatu persoalan tentu akan menimbulkan masalah baru.

Dicontohkan, seperti pembangunan pasar di pinggir jalan yang dampak kedepannya seringkali muncul persoalan baru yakni kemacetan arus lalu lintas karena membeludaknya populasi pedagang, pembeli dan kendaraan.

"Jadi jangan mudah membangun pasar di pinggir jalan yang akhirnya menimbulkan kemacetan. Nah ini yang disebut dengan mempersiapkan," katanya.

Yance menambahkan, kasus lain seperti pembangunan rumah sakit dengan luas pembangunan terbatas yang akhirnya tidak dapat menampung pasien karena membeludaknya populasi penduduk.

Apalagi, lanjut dia, Jabar mememiliki jumlah penduduk tertinggi dibandingkan provinsi lainnya di Indonesia sehingga perlu diperhitungkan dampak ke depan dari setiap pembangunan.

"Pemerintah itu jangan kagetan. Ketika ada masalah baru terus kaget kemudian melakukan pembangunan, harusnya bisa diantisipasi sebelumnya," kata mantan Bupati Indramayu dua periode itu.

Ia berharap, program percepatan pembangunan Pemerintah Provinsi Jabar dapat berjalan sesuai harapan yang dapat dirasakan oleh masyarakat banyak.

Menurut dia, Jabar memiliki berbagai potensi yang dapat digali untuk mensejahterakan masyarakatnya.

"Memikirkan ke depan itu agar pembangunan terjadi secara berkesinambungan dan selaras dengan masyarakat," kata Yance yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jabar. (AY)

.

Categories:Nasional,