Polisi Bubarkan Aksi Massa Menyalakan Lilin di Gasibu

Polisi Bubarkan Aksi Massa Menyalakan Lilin di Gasibu

Aksi warga menyalakan lilin di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Sabtu 13 Mei 2017 malam. (foto - ist)

Bandung - Aparat kepolisian Resor Kota Bandung membubarkan aksi warga menyalakan lilin di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Sabtu (13/5/2017) malam. Massa yang berkumpul sejak pukul 17.00 WIB itu, menyalakan lilin dengan membawa spanduk "Save NKRI" dan "Save Ahok".
 
Menurut Kapolrestabes Bandung, Komisaris Besar Polisi Hendro Pandowo, polisi terpaksa membubarkan aksi karena melewati batas waktu dari pemberitahuan. 
 
"Dari pemberitahuan, mereka menyampaikan aspirasi sampai pukul 18.30 WIB. Karena sudah melewati batas, maka dari Polrestabes mengimbau untuk pulang," kata Hendro di Lapangan Gasibu Kota Bandung Jawa Barat.
 
Polisi meminta warga mematikan lilin yang dinyalakan seperti aksi dukungan 1.000 lilin pendukung Ahok, yang di beberapa daerah. Warga yang menolak pembubaran aksi tersebut sempat menyoraki aparat.
 
Namun, perlahan aparat meminta massa aksi segera pulang dengan tiupan peluit. Pembubaran tersebut berjalan dengan tertib tanpa ada perlawanan maupun gesekan.
 
Diakui, latar belakang masyarakat yang ikut dalam aksi itu beragam. Namun dari pemberitahuan yang dilayangkan ke Mapolrestabes Bandung, aksi tersebut hanya ingin menyampaikan aspirasi keutuhan NKRI, tidak terkait kasus Ahok. "Jangan sampai permasalahan di Jakarta dibawa ke Bandung," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,