Ribuan Warga Terisolasi Akibat Longsor di Sijunjung Sumbar

Ribuan Warga Terisolasi Akibat Longsor di Sijunjung Sumbar

Longsor di Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat menutupi jalan hingga arus lalu lintas terputus. (foto - ist)

Sijunjung - Sedikitnya 4.200 warga di Nagari Silokek dan Durian Gadang Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat terisolasi akibat longsor, Senin 15 Mei 2017. Longsor membuat akses Muaro Sijunjung arah ke Nagari Silokek dan Durian Gadang terputus total, disebabkan tingginya curah hujan sejak beberapa hari terakhir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung, Hardiwan menyatakan, ribuan warga Nagari Silokek dan Durian masih terisolasi. Badan jalan runtuh hingga sisi sungai cukup panjang, sehingga akses jalan penghubung satu-satunya di kawasan itu lumpuh total.

"Dinas Pekerjaan Umum tengah berupaya membuatkan jalan alternatif, untuk menghubungkan dua Nagari tersebut. Minimal bisa dilalui kendaraan roda dua," kata Hardiwan.

Selain merusak jalan, curah hujan yang cukup tinggi sejak beberapa hari lalu juga menyebabkan genangan air di sejumlah titik. Meski belum berdampak terlalu besar, BPBD sudah menyiapkan petugas dan peralatan penunjang untuk mengantisipasi bencana yang lebih besar.

BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum menargetkan pengerjaan jalur alternatif penghubung Dua Nagari itu segera selesai dikerjakan dan bisa dilalui kendaraan bermotor. "Ini karena anak-anak di dua Nagari itu masih dalam situasi ujian akhir. Kita kerahkan alat berat agar pengerjaan cepat selesai," tegas Hardiwan. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,