Tim Gabungan Tangkap Puluhan WNA Pelaku Cyber Crime

Tim Gabungan Tangkap Puluhan WNA Pelaku Cyber Crime

Sebanyak 76 WNA yang diduga sebagai pelaku Cyber Crime diamankan tim gabungan. (foto - ist)

Medan - Sedikitnya 76 warga negara asing (WNA) asal Cina dan Taiwan, diamankan Tim Gabungan Interpol Mabes Polri bersama Polda Sumatera Utara. Mereka diamankan dalam penggerebekan di sebuah gudang Jalan Besar Tanjung Morawa, Desa Telaga Sari Deli Serdang.

Menurut Direktur Ditreskrimsus Polda Sumut Kombes Pol Toga Habinsaran Panjaitan, puluhan WNA yang diamankan itu terdiri atas 24 warga Taiwan dan 54 Cina. "Mereka disinyalir aksi cyber crime selama bersembunyi di gudang. Penipuan yang mereka lakukan dengan cara memeras dan menipu pejabat di Cina dan Taiwan," kata Toga, Selasa (16/5/2017).

Kejahatan yang dilakukan puluhan WNA itu, yakni dengan cara memeras korbannya dengan cara menakut-nakuti terlibat kasus korupsi. "Mereka masuk ke Sumut sendiri-sendiri, seperti dari Riau, Jakarta dan sejumlah daerah lainnya. Hasil interogasi sementara, mereka beroperasi belum genap sebulan," katanya.

Toga menjelaskan, dari pengakuan para WNA itu paspor yang mereka gunakan untuk masuk ke Indonesia adalah tujuan wisata. Sejumlah paspor yang diamankan dari para WNA itu memang masih berlaku.

Terungkapnya kasus cyber crime itu tidak terlepas dari koordinasi pihak Interpol Cina dengan Mabes Polri. Dalam penggerebekan, sejumlah barang bukti juga turut diamankan seperti 4 unit laptop, 2 unit monitor komputer, 1 unit tablet Ipad,  puluhan unit HT, puluhan unit smartphone, 1 unit ,onitor CCTV, dan 2 Router Mega Wifi.

"Saat ini seluruh WNA yang diamankan tersebut sedang didata petugas. Mereka juga sedang dimintai keterangan untuk pengungkapan lebih mendalam," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,