Digerebek Gudang Penimbunan Bawang Putih di Tanahsareal

Digerebek Gudang Penimbunan Bawang Putih di Tanahsareal

Pnggerebekan gudang yang diduga menjadi lokasi penimbunan bawang putih impor di Kampung Pincol Kelurahan Kayu Manis Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. (foto - ist)

Bogor - Gudang yang diduga menjadi lokasi penimbunan bawang putih impor di Kampung Pincol, Kelurahan Kayu Manis Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor, digerebek aparat Polresta Bogor, Kamis (18/5/2017).
 
Petugas menemukan puluhan ton bawang putih, bawang bombai, biji pala serta cabai kering dari Tiongkok dan Selandia Baru. "Di gudang itu kami menemukan 2 truk berisi bawang putih masing-masing berisi 8,5 ton, dan beberapa ton bawang bombai," kata Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota, Candra Sasongko.
 
Polisi juga mengamankan 1 truk kontainer berisi 25 ton bawang putih di Pasar Induk Kemang dari gudang itu. Dalam kasus itu penyidik masih mendalami keterangan pemilik gudang bernama Khairul beserta saksi, dengan menganalisa seluruh dokumen yang ada.
 
Hasil pemeriksaan sementara, pemilik mengaku sebagai importir. Namun pada praktiknya Khairul sebagai distributor komoditi sayuran seperti kacang merah, biji pala, cabe kering dan bawang bombai untuk disalurkan ke pasar. Ada dugaan gudang itu jadi tempat penimbunan komoditi bahan pangan dari negara tetangga maupun dalam negeri. "Tapi semua itu belum bisa dibuktikan. Kami sedang mendalaminya," tegas Candra.
 
Namun demikian, dari keterangan pihak kelurahan bahwa gudang itu tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) maupun izin usaha. "Jika betul sebagai distributor atau importir harus punya tempat yang legal," katanya.

Sementara itu, Lurah Kayu Manis Muhammad Hapid Supriadi membenarkan, gudang itu tidak mengantongi IMB maupun izin usaha. "Pemerintah daerah tidak mengizinkannya karena tata ruang kawasan ini khusus untuk permukiman, bukan untuk gudang," kata Hapid.
 
Ia mengaku, gudang itu sudah beroperasi sejak dia bertugas di kantor Kelurahan Kayu Manis. "Kalau kapan beroperasinya enggak tahu. Saya tugas di sini 2015 sudah ada," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,