Pesawat Cassini Temukan Potensi Huni di Bulan Enceladus

Pesawat Cassini Temukan Potensi Huni di Bulan Enceladus

Pesawat Cassini menemukan potensi hunian di Bulan Enceladus. (foto - NASA)

New York - Setelah 13 tahun menjelajahi Planet Saturnus, pesawat luar angkasa Cassini milik NASA Amerika Serikat (AS) menunjukkan temuan baru.
 
Berdasarkan data yang dikumpulkan, yang menarik yakni Bulan Enceladus milik Saturnus diklaim menjadi tuan rumah bagi mikroba atau bentuk kehidupan asing lainnya.
 
Gas meletus dari Enceladus mengandung banyak hidrogen. Para ilmuwan menyimpulkan, terdapat reaksi kimia hidrotermal yang serupa dengan yang terjadi pada celah panas di dasar laut Bumi. 
 
"Itu akan menjadi kesempatan yang luar biasa untuk menguji teori kita, sekaligus melihat apakah ada kehidupan di sana," sebut Direktur of Planetary Science di NASA, James L. Green.
 
Seperti dilansir NY Times, ventilasi hidrotermal berkembang dengan kehidupan mikroba di Bumi. Hal itu dapat menyebabkan potensi, bulan es yang berada jauh dari Bumi yang dijuluki "Ocean World" oleh NASA dapat dihuni. 
 
Sebelumnya diketahui, pada 22 April Cassini memulai sebuah perjalanan yang membawanya di antara planet itu, di mana cincinnya untuk mengorbit dan berakhir dengan tabrakan ke atmosfer Saturnus pada September mendatang. 
 
Penemuan pesawat tak berawak tersebut juga menunjukkan kadar dioksida, hidrogen dan metana yang diukur dalam minyak Enceladus tidak seimbang. 
 
Menurut makalah yang diterbitkan pada jurnal Science, sebuah ketidakseimbangan dapat menyediakan sumber energi, yang bisa dikonsumsi makhluk hidup. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,