Pekerja PT Ultrajaya Milk Industry Berunjuk Rasa

Pekerja PT Ultrajaya Milk Industry Berunjuk Rasa

Aksi unjuk rasa ratusan pekerja PT Ultrajaya Milk Industry di Jalan Raya Gadobangkong Kabupaten Bandung Barat, Selasa 23 Mei 2017. (foto - Twitter)

Bandung - Aksi mogok kerja dan unjuk rasa digelar ratusan pekerja PT Ultrajaya Milk Industry, di depan pabrik perusahaan di Jalan Raya Gadobangkong Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat, Selasa (23/5/2017).

Menurut Ketua Pimpinan Unit Kerja SPSI Ultrajaya Kiki Permana Saputra di sela aksinya, para buruh menuntut Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang belum diperbarui sejak 2015. Sebab, yang berlaku saat ini dianggap sudah tak relevan dengan kondisi.

"Kami menuntut PKB ada perubahan yang lebih baik. Mereka masih mengacu pada PKB lama, yang sudah empat tahun tidak ada perubahan. Selama ini tidak ada itikad baik dari perusahaan untuk membuat PKB yang baru," kata Kiki.

Menurutnya, sebelumnya para pekerja Ultrajaya telah melakukan aksi serupa demi menuntut perbaharuan PKB pada Februari lalu. Namun, pihak manajemen perusahaan belum merespon kemauan para pekerja. "Kami selalu menemukan jalan buntu untuk bernegosiasi," katanya.

Manajemen Ultrajaya, katanya selalu menolak diajak berunding meski sudah dimediasi pemerintah daerah. "Kami coba untuk melakukan perundingan bipartit. Namun, bipartit kesatu, kedua tetap tidak digubris juga," tegasnya.

Sementara itu, sejumlah petugas keamanan Ultrajaya menutup rapat pagar pabrik. Massa pengunjuk rasa berkumpul di depan gerbang yang mengenakan pakaian kaos biru. Mereka meminta penjelasan dari pihak manajemen, namun tidak ditanggapi.

Kepala Disnakertrans KBB Iing Solihin pernah menyatakan, pemerintah daerah sudah berupaya melakukan mediasi kepada kedua belah pihak. "Kami sudah mediasi kedua belah pihak empat kali. Namun memang belum ada titik temu. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,