Korban Tewas Ledakan Bom Kampung Melayu Jadi 5 Orang

Korban Tewas Ledakan Bom Kampung Melayu Jadi 5 Orang

Korban tewas dalam ledakan bom bunuh diri di Terminal Kampung Melayu Jakarta Timur, bertambah menjadi lima orang. (foto - ant)

Jakarta - Korban tewas dalam ledakan bom bunuh diri di Terminal Kampung Melayu Jakarta Timur, bertambah menjadi lima orang. Tiga korban adalah anggota Polri dari Polda Metro Jaya, sedangkan dua korban lainnya adalah terduga pelaku.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto menyatakan, dua korban lagi adalah anggota dari Polda Metro Jaya. Korban meninggal setelah menjalani perawatan. Dua korban tewas lain adalah terduga pelaku, yang salah satu jasadnya berada di lokasi kejadian.

"Secara keseluruhan yang menjadi korban mencapai 15 orang, tiga anggota Polri gugur, dua terduga pelaku tewas. Lima luka adalah anggota Polri dan lima luka lainnya adalah warga sipil," kata Wasisto, Kamis (25/5/2017) dinihari.

Sementara itu, pihak kepolisian masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) ledakan bom di Terminal Bus Kampung Melayu Jakarta Timur. Terkait peristiwa tersebut, polisi memastikan dua pelaku yang melakukan aksi bom bunuh diri ini.

"Pelaku dua orang laki-laki. Tadi saya nyatakan ada dua ledakan, diolah TKP memang ditemukan ada dua pelaku. Ini bom bunuh diri," kata Irjen Pol Setyo Wasisto. Namun, sejauh ini, ia belum menjelaskan identitas dua pelaku tersebut. 

Ia juga membantah adanya kabar yang menyebutkan, pelaku bom bunuh diri seorang perempuan. "Identitas nanti akan kita sampaikan," kata Setyo. Saat ini, proses olah TKP masih berlangsung. Pihak kepolisian akan menjelaskan lebih detail terkait peristiwa itu setelah olah TKP selesai.

Bom yang meledak di area Terminal Kampung Melayu Jakarta Timur diduga merupakan jenis bom panci. Pelaku menggunakan modus ini terlihat dari dua titik ledakan dalam waktu berbeda. "Bom ini sama seperti bom Panci. Bom dibawa pelaku di dua titik berbeda. Ada dua ledakan berbeda," demikian disebutkan Ecep S. Yasa, salah seorang reporter tvOne dalam laporannya.

Ia menyebutkan, bom panci merupakan bom yang dirancang sederhana namun punya kekuatan cukup besar. Apalagi ada dua titik ledakan yang terjadi, yang dekat dengan halte bus TransJakarta Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur.

Dua titik yang diduga menjadi area ledakan, yakni parkiran sepeda motor dan toilet. Kemungkinan pelaku memang berjumlah dua orang dengan melihat titik ledakan. Sementara kepolisian masih melakukan olah tempat kejadian perkara. Polisi juga masih menyisir serpihan dari area lokasi kejadian. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,