Mantan PM Yunani Luka Bakar, Bom Meledak dalam Mobil

Mantan PM Yunani Luka Bakar, Bom Meledak dalam Mobil

Mantan PM Yunani mengalami luka-luka setelah diserang ledakan bom di dalam mobil di Athena. (foto - AFP/Getty Images)

Athena - Mantan Perdana Menteri Yunani Lucas Papademos mengalami luka bakar, akibat ledakan bom yang terjadi di dalam mobilnya di Athena. Sopir pun dikabarkan terluka dalam insiden tersebut.

Ledakan yang terjadi pada Kamis waktu setempat itu, menurut pihak kepolisian, alat peledak disembunyikan dalam sebuah amplop di dalam mobil. Beruntung ledakan tersebut tidak sampai merenggut nyawa Lucas Papademos. "Dokter khawatir dengan penglihatan Lucas karena luka akibat ledakan tersebut," kata seorang petugas kepolisian Yunani.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (26/5/2017) selain peristiwa yang menimpa Lucas, pihak keamanan Yunani pun sebelumnya telah mencegah serangan terhadap pejabat Yunani, Jerman dan IMF dalam kurun dua bulan terakhir. 

Pada Maret 2017, kepolisian Yunani menemukan sedikitnya delapan paket mencurigakan yang diduga berisi bom. Temuan paket mencurigakan tersebut terjadi di pusat pemilahan pos yang ada di ibukota Athena. "Delapan paket mencurigakan yang mencantumkan para penerimanya di negara Eropa telah ditemukan dan disita," demikian pernyataan Kepolisian Yunani.

Sejauh ini, tidak disebutkan lebih lanjut siapa saja para penerima paket mencurigakan tersebut. Namun demikian, seorang sumber keamanan Yunani menyebutkan paket itu ditujukan untuk sosok penting di beberapa negara Eropa.

Sementara itu Russia Today melaporkan berdasarkan keterangan polisi, ledakan terjadi saat mobil yang ditumpangi Papademos bergerak antara Manis Street dan pusat kota Athena pada pukul 6.30 sore waktu setempat.

Tidak diketahui apakah ada orang lain yang juga berada di dalam mobil selain Papademos dan sopirnya. Luka yang diderita Papademos pun tidak membahayakan nyawanya. Namun, dokter yang memeriksanya khawatir akan kemampuan penglihatannya pasca serangan bom.

Pria berusia 69 tahun itu ditunjuk sebagai perdana menteri sementara pada November 2011, menyusul kekhawatiran Yunani akan keluar dari zona Euro. Ia tetap di posisi hingga Mei 2012 saat pemilihan digelar.

Sebelumnya, Papademos menjabat sebagai wakil presiden Bank Sentral Eropa dari tahun 2002 sampai 2010, dan sebagai Gubernur Bank Yunani dari tahun 1994 sampai 2002. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,