Pabrik Pengolahan Limbah Plastik di Bogor Ludes Terbakar

Pabrik Pengolahan Limbah Plastik di Bogor Ludes Terbakar

Pabrik pengolahan limbah plastik di Jalan Taya Soleh Iskandar Kelurahan Kedungbadak Tanah Sareal Kota Bogor ludes terbakar. (foto - @fiqiehaqie)

Bogor - Pabrik Pengolahan limbah plastik yang berada di Jalan Taya Soleh Iskandar Kelurahan Kedungbadak, Tanah Sereal Kota Bogor ludes terbakar. Tidak ada korban dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

"Kebakaran diduga karena percikan rokok pegawai yang menyambar ke botol bekas parfum. Api kemudian membesar dan membakar seluruh bangunan. Tidak ada korban jiwa atau luka" kata Kabid Pemadam Kebakaran Kota Bogor Marse Hendra Saputra, Jumat (26/5/217).

Menurut keterangan warga sekitar, kebakaran terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Awalnya ada ledakan dan ketika dicek, tampak api sudah membesar. Banyaknya bahan bangunan dan barang yang mudah terbakar, membuat api dengan mudah membesar dan menjalar ke seluruh bangunan pabrik. "Ini pabrik pengolahan limbah. Jadi banyak sampah plastik dan segala macamnya, jadi api cepat besar dan menjalar," sebut warga.

Menurutnya, kebakaran yang menghanguskan seluruh bangunan tersebut terjadi ketika para pegawai di pabrik pengolahan limbah tersebut sedang bekerja. "Pas saya datang, api masih kecil. Namun di sini hampir enggak ada upaya pemadaman. Semua cuma lihat kaya orang kebingunan," katanya.

Api terus membesar kemudian menjalar dan menghanguskan alat dan bangunan pabrik. "Saya dengar banyak ledakan, lebih dari lima kali. Pokonya banyak itu ledakan," kata Sunandar, warga sekitar pabrik tersebut.

Sedikitnya 11 unit mobil pemadam kebakaran dari Kota dan Kabupaten Bogor didatangkan ke lokasi. Dibantu warga, akhirnya api yang terus menjalar berhasil dipadamkan sekitar satu jam kemudian.

Sementara arus lalu lintas di sekitar lokasi sempat ditutup untuk mempermudah proses pemadaman. Akibatnya, kemacetan parah terjadi khususnya di sekitar lokasi kebakaran. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,