Pasukan Irak Bubarkan Pengepung Kilang Minyak

Pasukan Irak Bubarkan Pengepung Kilang Minyak

Pasukan Irak Bubarkan Pengepung Kilang Minyak

Kirkuk - Pasukan pro-pemerintah Irak Sabtu (15/11/2014) memecahkan pengepungan kilang minyak utama negara itu, di mana pasukan keamanan telah bertahan selama berbulan-bulan terhadap kelompok garis keras Negara Islam (IS), kata para pejabat.
 
"Pasukan Irak ... mencapai gerbang kilang," kata Gubernur Provinsi Salaheddin, Raad al-Juburi, kepada AFP.
 
Tiga petugas menegaskan bahwa pasukan Irak telah mencapai kilang di utara negara itu, yang pernah menghasilkan sekitar 300.000 barel minyak per hari, untuk mengisi sekitar 50 persen dari kebutuhan nasional.
 
Tetapi telah dikepung selama berbulan-bulan dan berulang kali diserang oleh kelompok jihad, yang mampu memasuki kompleks kilang besar itu tetapi gagal untuk bisa mengontrolnya.
 
Kemajuan yang dicapai kilang itu datang sehari setelah kemenangan lain yang signifikan bagi pasukan Irak, yaitu merebut kembali kota strategis Baiji, tak jauh di selatan.
 
Baiji adalah kota terbesar yang mereka telah direbut kembali sejak gerilyawan yang dipimpin IS menyerbu sebagian besar negara pada Juni.
 
Kota itu terletak di jalan menuju kota kedua dan kubu IS Mosul, dan pihaknya menangkap gerilyawan terisolasi yang menguasai kota Tikrit, ke selatan.
 
Pasukan keamanan Irak tampil buruk di hari-hari awal IS pemimpin serangan, ketika beberapa divisi runtuh dan kelompok menyita dalam jumlah besar peralatan militer.
 
Tetapi dibantu oleh serangan udara yang dipimpin AS, dukungan dari milisi Syiah dan suku Sunni, dan bantuan dari penasihat internasional, pasukan Baghdad mulai membuat kemajuan. (AY)
.

Categories:Internasional,